Cara Registrasi Ulang Kartu Indosat

Kementerian Komunikasi dan Informatika telah mewajibkan seluruh pengguna kartu SIM prabayar untuk segera melakukan registrasi kartu dengan menggunakan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan Nomor KK (Kartu Keluarga) yang masih berlaku dan sah. Salah satu yang diulas disini adalah cara registrasi ulang kartu Indosat anda. ulasan ini untuk pengguna lama kartu Indosat.

Pengguna Indosat lebih mengenal Indosat dengan ciri kartu IM3nya yang telah digunakan oleh banyak orang. Jika anda sebagai pengguna lama kartu Indosat dan belum melakukan registrasi ulang, silahkan segera lakukan registrasi ulang untuk menghindari pemblokiran nomor Indosat anda. Dampak dari pemblokiran ini adalah tidak bisa digunakannya layanan dari provider anda.

Cara Registrasi Ulang Indosat

Sebenarnya dalam hal melakukan registrasi ulang kartu Indosat sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa hal yang dibutuhkan untuk registrasi seperti Nomor Induk Kependudukan sesuai yang tertera di NIK atau e-KTP anda dan juga nomor Kartu Keluarga (KK) yang masih berlaku dan sah. Berikut beberapa pilihan cara pendaftaran :

1. Registrasi Ulang Indosat Online

Proses registrasi ulang kartu Indosat bisa anda akses secara online melalui website resmi dari Indosat. Anda bisa mengakses melalui smartphone atau komputer. Registrasi ulang kartu Indosat  online dianggap lebih mudah dilakukan karena lebih simpel dan sudah disediakan form untuk pengisian data yang dibutuhkan dan tinggal klik. Detail tata cara sebagai berikut :

registrasi ulang kartu indosat online
  • Silahkan anda buka web browser
  • Klik link website resmi Indosat berikut https://myim3.indosatooredoo.com/registration
  • Klik bagian registrasi https://myim3.indosatooredoo.com/registration
  • Ketikkan nomor telepon yang akan anda registrasikan ulang
  • Klik Verifikasi
  • Tunggu proses registrasi
  • Anda akan mendapatkan SMS berisi kode verifikasi
  • Setelah anda mendapatkan kode verifikasi, masukkan kode tersebut pada web resmi Indosat Masukkan NIK dan nomor Kartu Keluarga anda
  • Klik Verifikasi
  • Registrasi selesai

2. Registrasi Ulang Kartu Lewat SMS

Fitur SMS pada HP anda bisa anda gunakan sebagai media untuk melakukan registrasi ulang kartu prabayar anda. Jika anda tidak terbiasa dengan sistem online maka anda bisa memanfaatkan fitur ini. Syarat yang disiapkan sama yaitu nomor NIK dan nomor KK yang masih berlaku dan sah. Untuk cara registrasi kartu Indosat sebagai berikut:

Registrasi Pelanggan Baru

registrasi ulang kartu indosat


1. Silahkan masuk ke menu pesan
2. Ketikkan data dengan format: NIK#NomorKK#
3. Kirim ke 4444
4. Tunggu balasan dari 4444

Registrasi Pelanggan Lama

1. Silahkan anda buka menu pesan
2. Ketik data dengan format : Ulang#NIK#NomorKK
3. Kirim ke 4444
4. Tunggu balasan dari 4444

Ciri Registrasi Berhasil

Jika anda telah melakukan registrasi kartu Indosat, maka anda akan mendapatkan SMS pemberitahuan dari 4444 yang isinya adalah informasi bahwa registrasi anda telah berhasil. Jika anda sudah mendapatkan SMS berisi BERHASIL maka kartu Indosat anda telah aman dan bebas dari pemblokiran. Dengan telah diregistrasikan nomor anda maka anda bisa menikmati layanan dari Indosat

Selain melalui SMS balasan, anda juga bisa melakukan pengecekan apakah kartu prabayar anda sudah berhasil di registrasi atau belum. Anda cukup mengirimkan SMS dengan format : INFO#NIK dan kirimkan ke 4444 atau dengan format : INFO#MSISDN kirimkan ke 4444. Anda akan menerima SMS balasan yang menginformasikan tentang status kartu prabayar Indosat anda.

Lihat Juga :

Registrasi Kartu Indosat Gagal

Jika anda saat ini sedang mengalami registrasi kartu Indosat yang gagal maka ada baiknya coba anda simak beberapa hal berikut yang mungkin menyebabkan anda belum berhasil melakukan registrasi. Pendaftaran yang gagal bisa anda ulang sebanyak 5 kali, jika dalam 5 kalianda masih mengalami kegagalan maka operator akan memberikan jawaban dan petunjuk selanjutnya

1. Penyebab Gagal Registrasi

Kesalahan dalam menuliskan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan atau nomor Kartu Keluarga (KK). Pastikan kedua nomor yang diminta telah anda tuliskan dengan benar sesuai KTP dan KK anda.

Nomor NIK serta nomor KK belum tervalidasi. Jika kedua nomor tersebut belum tervalidasi maka anda harus datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk meminta dilakukan validasi nomor NIK dan nomor KK anda.

registrasi kartu indosat gagal

Perbedaaan format antar operator. Masing-masing provider penyedia jasa telekomunikasi mempunyai format masing-masing dalam menyediakan layanan registrasi bagi para penggunanya.

Pastikan format yang anda ketik sesuai dengan operator yang anda gunakan. Nomor yang anda daftarkan untuk dilakukan registrasi telah didaftarkan dengan nomor NIK dan KK lain, jadi anda tidak bisa melakukan pendaftaran ganda

2. Cara Mengatasi Gagal Registrasi

Mengatasi Kegagalan Pertama

1. jika SMS registrasi kartu Indosat gagal pada percobaan pertama, anda bisa melakukan SMS ulang ke 4444 dengan format yang telah diulas diatas. Sebaiknya anda melakukan jeda pengiriman kembali sebelum mencoba lagi
2. Ulangi kembali proses pendaftaran untuk yang kedua kalinya
3. Jika percobaan kedua masih gagal, cobalah restart ponsel anda
4. Lakukan pendaftaran kembali hingga berhasil

Mengatasi Kegagalan Lebih dari 5 Kali

1. Jika anda telah melakukan pendaftaran dan mencoba mengulang hingga 5 kali namun tetap gagal, maka operator Indosat akan membuka saluran pendaftaran secara online melalui situs resmi Indosat. Ikuti tautan berikut untuk melakukan registrasi kartu Indosat online https://indosatooredoo.com/id/personal/support/knowledge-management-system/faq-registrasi

2. Apabila dengan cara online juga belum berhasil atau masih juga menglami kegagalan, maka anda bisa langsung mendatangi gerai Indosat yang terdekat untuk minta bantuan agar diregistrasikan ulang dari pihak Indosat. Pendaftaran secara manual ini hanya dengan mengisi surat pernyataan kepemilikan sah dan menyiapkan salinan KTP dan KK apabila diperlukan.

Bagaimana Registrasi Kartu Pascabayar

Sebagai provider yang besar, Indosat tidak hanya mempunyai kartu prabayar namun juga mempunyai fitur kartu pasca bayar. Jika yang telah diulas diatas adalah tentang cara registrasi indosat prabayar maka bagi anda yang menggunakan kartu Indosat pasca bayar tidak perlu bingung dan khawatir tidak mendapatkan informasi terkait dengan proses registrasi.

Berdasarkan kebijakan pemerintah yang telah dikeluarkan, bagi anda pengguna kartu pascabayar Indosat tidak diwajibkan untuk melakukan registrasi ulang. Hal ini disebabkan bagi pelanggan pascabayar umumnya telah dilakukan pendataan atau screaning data yang detail pada database Indosat ketika melakukan pembelian nomor baru. Jadi anda tidak akan diblokir walau tidak melakukan registrasi

Apakah Kartu Indosat Yang Sudah Mati Bisa Diregistrasikan?

Mungkin akan muncul pertanyaan tentang kartu Indosat yang sudah mati atau mengalami pemblokiran apakah masih bisa jika akan diregistrasikan kembali. Cara registrasi ulang Indosat yang mengalami pemblokiran bisa dengan cara mendatangi gerai Indosat di kota anda dengan membawa beberapa bukti diri yang menerangkan anda adalah pemilik sah kartu SIM dengan nomor tersebut.

Beberapa langkah, permasalahan dan juga penyelesaian terkait dengan registrasi ulang Indosat yang bisa anda gunakan jika menemui permasalahan yang sama. Anda bisa memilih cara registrasi Indosat via SMS atau registrasi Indosat online sesuai dengan keinginan anda.

Related posts