Cara Memperkecil Ukuran PDF Cepat, Mudah, Sesuai Keinginan

Berbicara tentang cara memperkecil ukuran PDF, bagi Anda yang sering berkutat dengan paper, atau tulisan tentunya sudah tidak asing lagi? Akan tetapi  sebagian dari Anda yang baru saja akan memulai pendidikan, misalnya mahasiswa baru, penulis dan lain sebagainya ternyata masih ada yang bingung bagaimana cara memperkecil ukuran sebuah dokumen PDF.

Tapi kenapa harus diperkecil ukurannya? Pertanyaan ini hadir bukan tanpa alasan. Pasalnya bukankah sudah bisa digunakan sebuah dokumen dengan format PDF tanpa harus diperkecil terlebih dahulu? jawabannya adalah benar. Hanya saja terkadang terdapat beberapa dokumen dalam bentuk PDF yang memiliki ukuran yang besar, sehingga terlalu banyak memakan space memori Anda.

Nah, untuk itu, daripada memori flashdisk Anda cepat habis, tidak ada salahnya mengompres ukuran PDF ke dalam ukuran yang lebih kecil.sehingga menjadi hemat ruang. Dan flashdisk Anda bisa digunakan untuk menyimpan file penting lainnya. Menarik bukan?

Cara kompres PDF menjadi kecil ini bisa disesuaikan dengan keinginan Anda, apakah kompres PDF 300 kb, kompres PDF 500kb atau ukuran lainnya yang sesuai dengan keinginan Anda. Cara kompress PDF sesuai keinginan ini bisa dilakukan secara online maupun offline. Nah untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Cara Memperkecil Ukuran PDF dengan MS. Word 2013
Dalam menulis sebuah artikel atau dokumen sering kali menggunakan aplikasi Ms. Word. Bahkan aplikasi yang satu ini menjadi salah satu aplikasi paling populer dan paling sering digunakan di dunia.

Selain Anda bisa menyimpan dalam format dokumen, Anda ternyata juga bisa menyimpan dengan format PDF lho. Bahkan Anda juga bisa menyimpan dengan ukuran yang paling kecil. Sehingga akan membuat Anda jauh lebih hemat space memori.
Cara Memperkecil Ukuran PDF

Cara kompres PDF menjadi kecil dengan Ms. Word 2013 ini cukup mudah dilakukan. Sama seperti menyimpan dokumen seperti biasanya, Anda hanya perlu membuka dokumen pada Ms.word. kemudian buat dokumen dan menyimpannya dengan klik Office Button dan pilih Save As.
kompres pdf menjadi kecil

Selanjutnya pilih format penyimpanan dengan cara memilih type PDF. Kemudian, pada Optimized for pilih Minimum Size atau Publishing Online. Dengan memilih Minimum Size ini akan membuat dokumen Anda berukuran kecil sehingga mudah untuk di-publish secara online.

Hal ini penting untuk dilakukan mengingat selain terbatasnya space memori yang Anda miliki, biasanya media pengiriman file memiliki batasan ukuran tertentu. Dokumen yang berukuran kecil juga akan lebih mudah diupload dan dikirim dibanding dengan dokumen yang berukuran besar.

2. Cara mengecilkan Ukuran PDF dengan Menggunakan Orpalis PDF Reducer
Cara mengecilkan ukuran PDF yang dilakukan dengan offline bisa menggunakan aplikasi yang bernama Orpalis PDF Reducer. Untuk bisa menggunakannya pastikan Anda download di situs resmi https://pdfreducer.orpalis.com/ lalu kemudian menginstall aplikasi ini pada perangkat Anda. selanjutnya buka aplikasi tersebut.
cara kompres pdf sesuai keinginan

Untuk bisa mengubah ukuran file PDF maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka file yang akan dieksekusi tersebut. Pada bagian Source pilih tombol ... (titik tiga). Kemudian pilih destination yang berfungsi untuk menentukan direktori penyimpanan file yang sudah dikompres.
kompres pdf 300 kb

Setelah itu pilih Star batch untuk memulai proses pengompresan atau merubah ukuran file PDF menjadi lebih kecil. Tunggu proses tersebut hingga selesai. Jika tidak maka akan menyebabkan file rusak. Setelah prose pegompresan selesai biasanya akan muncul pop up window yang memberitahukan bahwa proses telah berhasil.

Bagaimana menurut Anda? mudah bukan? dengan mengompres file menjadi ukuran yang lebih kecil tentunya akan membuat Anda lebih hemat dalam penggunaan memory. Selain  itu juga akan memudahkan Anda untuk bisa mengirim file tersebut secara online baik dengan email maupun media lainnya.

3. Cara Mengecilkan ukuran PDF Secara Online dengan SmallPDF.com
Cara mengecilkan ukuran PDF tanpa menggunakan aplikasi bisa dilakukan secara online. Jadi bagi Anda yang tidak memiliki ketiga aplikasi di atas seperti Ms.word, Adobe Acrobat Pro ataupun Orpalis PDF Reducer, Anda tidak usah bersedih. Karena Anda tetap bisa mengkompres file dengan cara online. Salah satunya adalah menggunakan SmallPDF.com.
kompres pdf 500kb

Anda bisa lakukan compress PDF to 300 kb online, compress PDF to 200kb online atau cara kompress PDF sesuai keinginan bisa Anda lakukan dengan mengunjungi website yang satu ini. Pada SmallPDF.com memberikan layanan berupa kompres file PDF dengan ukuran yang bisa Anda sesuaikan sesuai dengan kebutuhan Anda.
compress pdf to 300kb online

Anda juga tidak perlu repot mengunduh aplikasi melainkan hanya mengaksesnya secara online melalui internet. Sehingga Anda bisa mengubah ukuran file menjadi lebih kecil kapan saja dan dimana saja. yang terpenting adalah koneksi internet Anda berjalan dengan baik.
compress pdf to 200kb online

Situs ini sudah banyak digunakan oleh jutaan pengguna dari seluruh dunia. Bahkan menjadi salah satu situs compress PDF online terbaik dan paling populer. Menarik bukan? Jadi, soal kualitas Anda tidak perlu ragu lagi.

Cara mengecilkan ukuran PDF dengan situs SmallPDF.com ini sangat mudah. Pertama tentunya dengan kunjungi situs smallPDF.com. ada berbagai fitur yang disediakan. Namun untuk mengkompres file PDF Anda hanya perlu memilih Compress PDF.
compress pdf online terbaik

Kemudian, piluh drag and drop file PDF yang akan dikompres ke dalam kotak yang disediakan. Kemudian klik Pilih file sebagai konfirmasi bahwa file tersebut benar yang akan dieksekusi. Tunggu hingga proses pengompresan selesai. Kecepatan waktu pengompresan tergantung pada besarnya file Anda dan juga kecepatan internet yang Anda miliki. Namun biasanya tidak akan lebih dari 2 menit.

Setelah proses pengompresan file selesai, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengunduhan file tersebut. Biasanya file yang sudah dikompres akan tersimpan pada Dropbox atau Google Drive.  Bagaimana menurut Anda? Mudah bukan?

4. Adobe Acrobat Pro
Cara kedua untuk mengompres file PDF adalah dengan memakai aplikasi Adobe Acrobat Pro. Aplikasi yang satu ini sudah digunakan oleh lebih dari satu juta pengguna dari seluruh dunia. Di Indonesia, aplikasi ini lebih populer digunakan untuk membuka file dokumen dengan format PDF.

Padahal, tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk mengompress file dokumen menjadi lebih kecil. Cara menggunakannya cukup mudah kok, Anda tidak perlu pusing memikirkannya.

Cara memperkecil ukuran PDF dengan memakai Adobe Acrobat Pro adalah sebagai berikut. Pertama,  buka file yang akan dikompress kemudian klik File. Lalu pilih Save As Other dan Pilih Reduced Size PDF.

Setelah itu biasanya akan muncul Pop Up window. Pada pop up window tersebut pilih Make compatible with dan pilih retain existing. Selanjutnya klik OK. Kemudian, pilih direktori folder untuk penyimpanan file PDF yang sudah Anda kompres tersebut. Terakhir klik Save. Maka secara otomatis file Anda kan tersimpan dengan ukuran yang lebih kecil. Mudah bukan?

Nah itulah beberapa cara mengecilkan ukuran PDF yang bisa Anda gunakan. Baik yang dilakukan secara offline maupun online. Dengan melakukan pengompresan ukuran PDF tersebut akan membuat Anda memiliki space lebih longgar untuk menyimpan beberapa data di flashdisk dan media penyimpanan lainnya. Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel