Cara Cek HP Samsung Normal

Di era digital jaman now semakin banyak orang yang menjual smartphone secara bebas sehingga ada penjual yang juga memanipulasi pembeli yang merugikan. Ponsel Samsung yang tidak normal ternyata memang memiliki body sama persis dengan tipe androidnya yang masih normal. Oleh karena itu, ketahui cara cek HP Samsung normal melalui cara yang sangat mudah.

Oleh karena itu, kenalilah produk gadget yang asli sehingga memberikan kinerja yang sangatlah optimal. Dengan demikian akan sangat akan membantu kinerja ponsel menjadi berfungsi sesuai dengan semestinya. Sebelum membeli ponsel atau smartphone kenalilah cara mengecek kenormalan dari ponsel tersebut.

Tak heran kini banyak orang yang melakukan cara cek HP Samsung normal sebelum membelinya. Terlebih ketika Anda membeli ponsel second atau bekas maka mengharuskan Anda untuk mengeceknya agar kinerja dari ponsel tersebut benar-benar memiliki kinerja yang normal sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama

Cara Cek HP Samsung Normal

Bagaimana cara cek HP Samsung normal agar tidak tertipu saat membeli ponsel? Untuk mengetahui lebih detailnya maka simak seputar penjelasan yang terdapat di bawah ini.

1. Menggunakan Aplikasi TestM Hardware

Cara cek HP Samsung normal bisa dilakukan dengan aplikasi TestM Hardware untuk mengetahui bahwa ponsel tersebut memiliki kinerja yang normal sesuai pada fungsi umumnya. Biasanya hp Samsung KW memiliki kelemahan yang tidak normal sehingga tidak akan awet digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

cara cek hp samsung normal atau tidak

Caranya sangatlah mudah yaitu Anda buka google playstore cari TestM Hardware terlebih dahulu kemudian download setelah selesai install. Setelah itu, Anda bisa melihat simbol indikator di bagian perangkat ponsel. Jika ada beberapa indikator mengatakan tidak normal biasanya pemilik hp bekas sebelumnya terkena air, tetapi jika sudah rusak maka sudah dapat dipastikan bahwa ponsel tersebut pernah jatuh ke air.

2. Dead Pixels Test And Fix

cara cek hp samsung normal


Selanjutnya, Anda juga dapat menggunakan aplikasi ketiga sebagai cara cek hp samsung normal mengecek bahwa ponsel Samsung masih memiliki kinerja yang normal. Nah, aplikasi yang satu ini terfokus pada pixel di bagian layarnya yaitu cacat sub-pixel parsial, piksel mati, sub-pixel macet dan  cacat titik-titik gelap. Tetapi aplikasi ketiga ini tidak dapat membantu untuk mengetahui kenormalan dalam fitur lainnya.

3. Phone Doctor Plus

Kemudian Anda juga dapat melakukan cek hp samsung normal dengan menggunakan apikasi phone doctor plus. Jadi, aplikasi yang satu ini dapat digunakan untuk mengecek fitur audio, speaker, microfon, uji pengisian daya Wi-Fi, pemerikasaan tampilan, GPS, memori penyimpanan, dan mampu menguji pembandingan CPU.

cara cek hp samsung masih normal atau tidak

Tentunya, aplikasi yang satu ini memang memiliki fitur lengkap yang akan sangatlah membantu dalam mengetahui ponsel Samsung Anda masih dalam keadaan normal.

Lihat juga tips ini : Cara Mengecek Hp Samsung Bekas

4. Menggunakan Kode Rahasia

Cara pertama yang harus dilakukan untuk mengecek HP Samsung normal yaitu menggunakan kode rahasia. Tetapi, ketahuilah cara menggunaknnya sangatlah mudah menggunakan kode tertentu, ini dia langkah-langkah yang paling mudah untuk dilakukan.

• Membuka Dial Number

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk cara cek layar hp samsung normal yaitu bisa membuka aplikasi telepon atau dial up. Nah, selanjutnya Anda bisa langsung ketik *#0*#. Tentunya dengan cara yang satu ini maka akan menampilkan infomasi mengenai perangkat dari ponsel tersebut.

cara cek hp samsung normal kode

Setelah melakukan dial up tersebut maka akan langsung muncul kotak menu yang memiliki fungsi masing-masing. Setelah itu, Anda bisa langsung melihat warna yang menunjukkan kinerja dari ponsel tersebut. Sebelumnya Anda bisa memahami terlebih dahulu masing-masing spesifikasinya.

• Pilih Fitur

Apabila Anda sudah membuka menu fitur maka akan muncul kontras warna merah apabila masih normal. Sedangkan, hijau menunjukkan status aman kemudian juga terdapat warna blue yang juga menunjukkan status normal. Setiap ponsel Samsung memang dapat memberikan kontras warna yang berbeda-beda untuk menunjukkan kinerjanya yang normal.

• Pilih Receiver

Anda juga bisa memilih fitur receiver yang memiliki suara gelombang untuk menandakan adanya notifikasi atau pemberitahuan dari ponsel Samsung Anda. Nah, jika suaranya tidak berisik maka menandakan bahwa ponsel masih aman digunakan dengan keadaan normal.

• Vibration

Vibration merupakan fitur yang menunjukkan kenormalan dari kinerja ponsel dengan adanya getaran. Apabila getarannya tidak tersendat-sendat maka hp Anda dapat dikatakan masih normal. Dengan demikian maka akan semakin membantu mengetahui bahwa ponsel yang akan dibeli masih normal atau sudah dalam keadaan rusak.

• Dimming

Berikutnya juga terdapat cara cek tipe hp samsung normal dengan keadaan dimming yang memiliki arta diam yang ditunjukkan dengan tiga warna yaitu merah, biru, dan hijau. Anda dapat menyentuh salah satu warnanya kemudian layar ponsel akan menjadi redup. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa ponsel masih berada pada situasi aman.

• Mega Cam

Selanjutnya, Anda juga dapat menggunakan fitur Mega Cam sebagai bentuk alat uji kamera yang dapat menguji kamera ponsel tersebut bermasalah atau tidak.  Dengan
Demikia pastinya memang akan sangat membantu Anda untuk mengetahui kualitas dari ponsel kamera tersebut.

• Sensor

Fitur sennsor memiliki kemudahan untuk mengetahui cara cek hp samsung masih normal atau tidak dengan kinerja baik dengan memiliki getaran sehingga ketika Anda meletakkan tangan di depan kamera maka akan langsung muncul pemberitahuan atau notifikasi mengenai kenormalan dari hp tersebut.

Kemudian Anda juga bisa mengecek kenormalan hp Samsung Anda dengan fitur touch yang memiliki tampilan kotak menu. Cara untuk mengeceknya, Anda bisa pilih kesemua kotak tersebut untuk menguji bahwa layar ponsel Anda ada yang bermasalah atau tidak.

Terdapat fitur menu sleep yang akan membuat off pada layarnya saja tetapi ponsel masih dalam status normal. Dengan demikian akan membantu memastikasn kenormalan dari kinerja hp Samsung yang Anda miliki.

• Speaker

Berikutnya Anda juga bisa mengecek hp Samsung normal dengan cek speakernya. Nah, speaker ponsel yang normal pastinya memiliki suara yang tidak macet dan tidak bersuara kresek-kresek. Dengan demikian pastinya akan sangat membantu dalam mengecek fitur suara yang dimiliki ponsel tersebut.

•  Sub Key

Dengan melakukan cek kenormalan ponsel Samsung ternyata juga terdapat sub key pada cara cek hp samsung normal kode untuk alat uji di bagian tombolnya seperti power, volume, back, dan tombol lainnya. Bahkan juga terdapat fitur front cam yang memiliki fitur uji kamera depan untuk menunjukkan fungsinya masih aman.

Selain itu, juga terdapat fitur untuk mengecek kecerahan warnanya ketika masih berwarna hitam maksimal maka ponsel Samsung Anda masih dapat dipastikan normal. Masih banyak lagi fitur lainnya yang dapat dicek untuk mengetahui bahwa ponsel tersebut memang masih benar-benar normal.

Baca Juga :

5. AVO Meter

AVO meter juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara cek hp samsung normal atau tidak untuk mengetahui indikasi battery tersebut masih dapat digunakan. Perlu diketahui bahwa AVO meter ini hanya dapat mengetahui kenormalan dari baterai saja, tidak dapat mengetahui dari berbagai kernormalan fitur yang lainnya.

Related posts