13 Tips Pengaturan Kamera Oppo F9, Bikin Hasil Maksimal

Oppo merupakan salah satu dari sekian banyak merk smarphone yang nilai jual utamanya terdapat pada kamera. Tidak sedikit smartphone Oppo yang memberikan nama “Selfie Expert” pada produk-produk mereka. Salah satunya yaitu tipe Oppo F9. Akan tetapi, banyak yang masih kebingungan mengenai pengaturan kamera Oppo F9 Pro.

Beberapa Cara Mudah Pengaturan Kamera Oppo F9 Yang Perlu Dipahami

Tidak hanya Dibekali dengan dual kamera belakang 16+2 MP dan kamera selfie sebesar 25MP. Oppo F9 juga menawarkan fitur lainnya pada kamera yang terdapat pada smartphone tersebut. Adapun pengaturan kamera dari Oppo F9 adalah sebagai berikut:

1.  Foto Standar

Foto standar merupakan foto yang asli tanpa efek apapun. Caranya tinggal buka saja fotonya kemudian lansung pencet tombol besar di tengah bagian bawah. Jangan  kuatir dengan hasilnya, karena walaupun foto standar akan tetapi kamera Oppo f9 sudah dilengkapi dengan AI yang membuat wajah Anda nampak natural dan cantik.

pengaturan kamera oppo f9 pro

Foto standar juga dapat diberi waktu agar kamera ini dapat memfoto dengan sendirinya. Pengguna dapat memilih antara waktu 3 detik, 5 detik, ataupun 10 detik.

2.  Foto Potret

Letak pengaturan kamera Oppo f9 terdapat pada bagian bawah tombol foto. Salah satu menunya adalah mode potret. Cara mengaturnya adalah dengan menggeser ke kanan pada saat Anda membuka kamera.

Setelah muncul tulisan foto potret makan dekatkan ke objek yang kan Anda foto. Kegunaan dari fitur potret adalah dapat membuat efek bokeh pada foto sehingga blur disamping dan focus pada area yang difocuskan.

pengaturan kamera bokeh oppo f9

Dengan menggunakan efek potret, Anda akan berasa menggunakan kamera DSLR. Foto potret ini dihasilkan oleh kamera belakang Oppo F9 yang berjumlah dua.

3.  Foto Stiker

Menu pengaturan kamera Oppo F9 cukup beragam. Di antaranya adalah Anda dapat menambahkan setiker lucu pada saat foto selfie. Kebanyakan fitur ini digunakan oleh anak muda.

Fitur stiker ini dapat membuat foto menjadi imut dan lucu. Anda akan dibuat senyum-senyum sendiri dengan hasil dari stiker tersebut. Dan membuat Anda ketagihan dalam berfoto.

Menu stiker ini terletak sisi kanan setelah menu potret dalam kamera. Anda dapat menekan atau mengklik langsung tombol stiker pada menu kamera di bagian bawah. Fitur stiker ini banyak sekali variasi jenisnya. Adapun jenis-jenis stiker tersebut adalah, topi, kumis, bibir, dan puluhan jenis lainnya.

4.  Foto Panorama

Jika Anda menginginkan foto yang panjang dan melengkung, maka foto panorama adalah solusinya. Cara setting kamera Oppo F9 untuk panorama adalah dengan masuk ke kamera dan geser paling kanan pada menu.

Atau dengan menekan menu panorama. Cara kerja dari fitur ini adalah dengan cara merekam objek yang akan di foto dengan mengikuti garis lurus sesuai arahan kamera.

cara setting kamera oppo f9

Fitur panorama biasanya digunakan oleh orang yang berjumlah banyak  dan kamera smartphonenya tidak cukup untuk memfoto semuan objek. Foto mode panorama baik digunakan pada saat foto reoni, pengajian, ataupun karnafal.

5.  Perekaman Video

Untuk mengabadikan momen bersama keluarga, Kamera Oppo F9 bisa merekam sampai resolusi FHD 1080p. Jadi, foto sudah terlihat jelas dan penuh warna. Dengan kamera selfie sebesar 25MP Anda juga bisa membuat vlog dengan smartphone Oppo ini. Dengan kamera sebasar itu maka hasilnyapun  akan jernih.

letak pengaturan kamera oppo f9

Cara pengaturan perekaman video pada kamera Oppo F9 adalah dengan membuka menu kamera. Kemudian tekan pilihan menu video yang terdapat pada bagian bawah layar. Kamera ini memiliki penyimpanan sebesar 64 GB sehingga dapat merekam video dengan durasi lama sekalipun.

6.  Kamera Belakang

Dengan 16 MP dan 2MP, kamera belakang Oppo F9 dapat menghasilkan gambar yang bagus. Menu pengaturan kamera belakang Oppo F9 hampir mirip dengan kamera depan. Hanya saja, kamera dihadapkan ke belakang.

Banyak menu pilihan yang terdapat pada kamera belakang Oppo F9 ini, seperti, video, stiker, foto, dan panorama. Anda hanya tinggal memilih yang diinginkan. Seperti halnya kamera Oppo pada umumnya, hasil dari kamera Oppo F9 ini sangat full colour. Oleh karena itu, untuk kalian yang suka dengan warna yang kental pilihlah Oppo F9 ini.

Baca Juga :

7.  Kamera Belakang Bokeh

Pada kamera belakang terdapat juga pengaturan kamera belakang bokeh Oppo F9. Kamera yang dihasilkan oleh kamera belakang Oppo F9 mirip dengan kamera professional. Bokehnya rapi dan dapat  dibuktikan dengan hasil foto teman Anda di media sosial. Pada saat menggunakan fitur bokeh ini, tangan jangan banyak bergerak.

Adapun pengaturannya adalah dengan menekan menu bokeh dan aktifkan kamera belakang. Sesudah itu, tentukan objek yang ingin difoto dan Anda hanya perlu menekan tombol oke atau tombol foto. Fitur bokeh ini biasanya digunakan pada saat berlibur agar background terlihat memudar.

8.  Kamera Bokeh Oppo F9 

Mendapatkan kamera bokeh pada Oppo F9 sangatlah mudah. Cukup dengan memilih menu bokeh di bagian bawah. Satu kamera dengan resolusi 16MP berguna untuk memfoto objek. Sedangkan satu kamera beresolusi 2MP berguna untuk memberikan efek bokeh pada benda tersebut.

Cara setting kamera bokeh Oppo F9 ini harus dilakukan dengan menentukan objek mana yang ingin difokuskan. Setelah itu, objek lainnya akan blur dengan sendirinya.

9.  Mode Malam

Kebanyakan smartphone akan memudar hasilnya jika memotret pada malam hari. Hal ini tidak berlaku pada kamera Oppo F9 karena dibekali dengan mode malam yang otomatis. Dengan resolusi 16MP nya kamera ini dapat menangkap gambar dengan baik dan tajam.

Jika pada kamera lain biasanya terdapat bercak-bercak pada saat selesai memfoto di tempat gelap, maka kamera Oppo F9 ini besih pada saat digunakan memfoto pada malam hari. Adapun noise pada kamera ini sangatlah kecil. Karena resolusinya 16MP.

10.  Kamera Slow-Motion

Tanpa menambah aplikasi kamera Oppo F9 sudah dilengkapi dengan fitur Slow-motion. Fitur ini sangat digemari di kalangan remaja. Karena fitur ini bisa memperlambat video yang sedang direkam. Dan hasil rekaman setelah menggunakan fitur ini akan lebih menarik.

Fitur slow-motion jarang sekali dimiliki oleh smartphone. Kebanyakan fitur ini terdapat pada smartphone menengah keatas. Oppo F9 ini adalah salah satunnya yang menngunggulkan fitur ini. Dengan begitu banyak orang yang tertarik menggunakan Oppo F9.

11.  Flash Kamera

Lampu pada sebelah kamera digunakan untuk memberikan penerangan lebih pada saat Anda berfoto dengan minim cahaya. Setelah menggunakan flash, maka foto akan lebih nampak. Akan tetapi biasanya setelah menggunakan flash, mata dari objek yang difoto akan bersinar apabila proses memfotonya kurang tepat.

Kebanyakan kamera flash ini tidak digunkan untuk kamera. Akan tetapi, digunakan untuk senter pada saat keadaan gelap gulita.

12.  Pengaturan Tanggal 

Untuk Pengaturan tanggal kamera Oppo F9 biasanya mengikuti tanggal otomatis yang terdapat di smartphone tersebut. Sehingga, tidak perlu diatur karena sudah mengikuti sistem penanggalan yang terdapat pada Hp Oppo F9.

13.  Pengaturan Penyimpanan Oppo F9 

Berikutnya adalah pengaturan penyimpanan kamera Oppo F9. Oppo F9 dapat menyimpan secara otomatis pada memori internal ponselnya yang memiliki kapasitas 64 GB. Namun, jika penyimpanan tidak cukup atau memori penuh, Anda dapat memindahkan secara manual ke dalam kartu memori yang kapasitasnya mencapai 256GB.

Cara pemindahan tersebut terdapat pada file manager yang sudah ada di menu smartphone Oppo F9. Ada banyak menu pengaturan pada kamera Oppo F9. Mulai dari pengaturan kamera bokeh Oppo F9  dan aneka pengaturan yang lain. Bahkan, dibandingkan dengan smartphone lain, pengaturan pada kamera ini lebih simple.

Related posts