Top 10 Aplikasi Stem Gitar Terbaik Untuk Android

Gitar merupakan salah satu alat musik yang paling banyak digunakan untuk membuat lagu atau mengiringi nyanyian. Namun untuk menggunakan gitar dibutuhkan kemampuan dan kelentikan jari-jari untuk memetik setiap kuncinya.

Nah bagi Anda yang ingin memainkan gitar tanpa harus belajar kunci yang bisa dikatakan ‘cukup sulit’, Anda bisa menggunakan aplikasi stem gitar. Aplikasi stem atau tuning ini akan menghasilkan nada yang pas, jadi dijamin tak akan kalah merdu dengan nada yang dihasilkan oleh senar gitar asli.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi stem gitar terbaik yang bisa Anda install di HP Android Anda dan juga bisa dicari secara gratistiss di playstore.

1. Tuner – gStrings Free

Aplikasi pertama yang sangat disarankan untuk Anda adalah Tuner-gStrings. Mengapa aplikasi yang dikembangkan oleh cohortor.org ini begitu disarankan untuk Anda? Tak lain dan tak bukan yakni karena dari aplikasi ini Anda bisa mendapatkan segudang fitur menarik, terutama bagi Anda yang berprofesi sebagai musisi.

aplikasi stem gitar

Selain untuk stem gitar, kelebihan lain yang ditawarkan Tuner-gStrings adalah dapat melakukan tuning pada beberapa alat musik lainnya, seperti bass, piano, bola, hingga alat musik tiup dan masih banyak lainnya. Aplikasi yang memiliki rating 4,5 di Google Play ini bisa Anda unduh dengan ukuran 2,4 MB saja, jadi tak akan membuat penuh memori internal Anda.

2. GuitarTuna – Tuner For Guitar Ukulele Bass & More

Bagi Anda yang sudah cukup familiar dengan aplikasi stem atau tuning, pasti sudah tak asing dengan aplikasi satu ini Ya GuitarTuna-Tuner For Guitar Ukulele Bass & More merupakan salah satu aplikasi stem senar gitar paling populer yang bisa Anda coba.

aplikasi stem senar gitar

Dengan berbagai fitur professional, aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengembangkan skill di bidang musik. Metronom, kumpulan chord gitar sampai mini-games pun bisa Anda jumpai disini. JAdi dijamin paket lengkap deh jika Anda menggunakan aplikasi keluaran Yousician Ltd ini.

Menariknya, walau menawarkan fitur yang begitu lengkap, Anda bisa mengunduh aplikasi berukuran 54,8MB ini secara gratis. Ratingnya di Google Play pun sangat tinggi, yakni mencapai 4,8/5.

3. Tuner & Metronome

Selanjutnya ada Tuner & Metronome yang merupakan salah satu aplikasi dengan keunggulan pada sektor fitur-fitur yang banyak. Ya, aplikasi dari developer Soundcorset ini mengedepankan banyak variasi tool dengan beberapa pilihan mode tampilan yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

aplikasi stem gitar terbaik

Fitur yang ditawarkan pun begitu beragam, mulai dari matriks chord, tuner chromatic, tahapan tuner, pitch fork mode dan masih banyak lainnya. Ukuran aplikasi yang memiliki rating 4,5/5 di Google Play inipun sangat amat kecil, yakni hanya 5,7 MB saja. Cocok untuk Anda yang memiliki smartphone dengan ruang penyimpanan terbatas.

4. Chromatic Guitar Tuner

Jika beberapa aplikasi sebelumnya lebih diperuntukkan bagi mereka yang sudah professional, namun lain dengan aplikasi ini. Chromatic Guitar Tuner merupakan salah satu aplikasi yang sangat diperuntukkan bagi para pemula, karena memiliki interface dan cara pengoperasian yang begitu sederhana.

aplikasi stem gitar akustik

Selain itu, aplikasi stem gitar untuk HP satu ini juga dapat digunakan untuk menstem alat musik lain, seperti banjo, biola, bass, dan juga ukulele, wah asik banget ya? Untuk bisa memainkan Chromatic Guiter Tuner, Anda harus mendownloadnya terlebih dahulu di PlayStore dengan ukuran 19,6 MB saja. Ratingnya pun cukup tinggi yakni 4,5/5.

5. Tuner T1

Dengan tampilan layar atau antarmuka yang begitu modern, aplikasi ini dapat dimainkan dengan begitu sederhana. Aplikasi satu ini juga memungkinkan untuk Anda bermain alat musik lain, mulai dari alat musik petik sampai alat musik gesek.

aplikasi stem gitar untuk hp

Kerennya, Anda tak harus memiliki smartphone dengan kapasitas memori besar hanya size 4 MB  untuk bisa memainkan aplikasi ini dengan baik. Simple tapi sangat mudah dipahami untuk menggunakan aplikasi toner t1 ini sehingga dengan waktu singkat dapat mengoperasikan app ini. Untuk rating sendiri aplikasi yang dikeluarkan oleh JSplash Apps ini lumayan baik yakni 4.6.

6. Cifra Club Tuner

Bisa dibilang Cifra Club Tuner adalah aplikasi tuning gitar paling sederhana yang bisa Anda mainkan di smartphone Android Anda. Dengan antarmuka yang begitu simple, Anda bisa memainkannya dengan mudah namun tetap memberikan hasil suara yang bagus.

aplikasi stem gitar akustik

Bukan hanya gitar, dari aplikasi yang dirilis Studio Sol ini juga menawarkan beberapa alat musik tambahan yang dapat Anda mainkan, seperti bonjo, bass dan juga ukulele. Untuk ukurannya, aplikasi dengan rating 4.4/5 ini adalah 10.1MB, ya masih tergolong kecil ya!

Baca juga :

7. DaTuner (Paling Ringan dan Futuristik)

Kompleks namun tetap sederhana dan ringan, mungkin kalimat itulah yang cocok untuk menggambarkan aplikasi DaTuner ini. Ya, aplikasi dari Applaud Apps ini memang dibuat dengan tampilan yang cukup kompleks namun tetap bisa dimainkan dengan sederhana dan pastinya cukup sangat ringan di smartphone Anda.

aplikasi stem gitar terbaik

Bagaimana tidak, aplikasi dengan rating 4.4/5 ini hanya memiliki ukuran 1.5MB saja. DaTuner juga menunjukkan indikasi ketika stem gitar Anda sudah tepat, jadi sangat disarankan untuk para pemula yang masih ingin belajar bagaimana stem gitar dengan baik.

8. Pano Tuner-Chromatic Tuner

aplikasi stem senar gitar

Berikutnya ada Pano Tuner-Chromatic Tuner yang merupakan aplikasi chromatic tuner dengan jangkauan pitch sensor cukup luas. Sang developer Kaleloft LLC pun mengklaim jika aplikasi stem gitar akustik satu ini memiliki sensitivitas dan kecepatan yang tinggi. Menarik banget buat dicoba!
Untuk ukuran pun Anda tak perlu khawatir karena aplikasi ini dapat diinstal dengan ukuran 6,9 MB saja, jadi tak akan membebani kinerja ponsel Anda. Ratingnya di Google Play pun cukup baik, yakni mencapai angka 4.6/5.

9. Smart Chords & Tools

Segudang fitur menarik adalah kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi satu ini. seperti tersedianya 200 predefined tunings, 200 chords dan beberapa fitur lainnya akan membuat permainan stem gitar Anda terdengar semakin apik.

aplikasi stem gitar ukulele

Namun bukan hanya untuk tuning, aplikasi ini pun akan membuat Anda makin mahir bermain gitar. Jadi kalau sudah tuning, jangan lupa untuk terus belajar berbagai kunci gitar ya! Yuk download aplikasi keluaran S.mar Musik Lab ini dengan ukuran 6.1 MB saja. Untuk kualitas pun tak perlu diragukan karena Smart Chords and Tools ini sudah memiliki rating 4.7/5.

10. Pro Guitar Tuner

Yang terakhir Pro Guitar Tuner, aplikasi dengan fitur yang diperuntukkan bagi pada gitaris pro. Salah satu fitur yang paling menarik dari Pro Guitar Tuner ini adalah banyaknya pilihan tuning yang bisa Anda coba.

aplikasi stem gitar

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur yang akan menunjukkan bunyi dari sebuah kunci gitar. Wah cocok nih untuk belajar lebih detail tentang kunci dan nada gitar. Anda bisa download aplikasi dari ProGuitar ini dengan ukuran 12.0 MB saja.

Itulah 10 aplikasi stem gitar yang bisa Anda coba mainkan melalui smartphone. Dari masing-masing aplikasi tentunya ada kelebihan yang ditawarkan sendiri. Seperti beberapa aplikasi stem gitar ukulele yang tergabung dengan stem alat musik lain. Jadi dari satu aplikasi Anda sudah bisa menstem beberapa alat musik sekaligus.

Related posts