Cara Share Lokasi Google Maps Ke WA

Bagaimana cara share lokasi google maps kepada orang lain? Dengan kemajuan teknologi jaman now memang akan lebih memudahkan untuk mengirimkan lokasi dengan tepat. Nah, caranya yaitu bisa menggunakan aplikasi whatsapp.

Jadi, cara share lokasi google maps ke WA sangatlah gampang tanpa perlu menggunakan aplikasi yang lainnya. Dengan demikian maka Anda hanya perlu menhidupkan GPS sehingga data akan terkirmkan lebih mudah.

Hampir semua orang kini menggunakan aplikasi whatsapp tentunya hal tersebut memang memberikan kemudahan tersendiri dalam berbagai fitur andalannya. Nah, fitur yang paling disukai yaitu adanya cara membagikan lokasi secara akurat kepada orang lain.

Dengan demikian maka tak heran apabila genarasi milenial lebih mudah dalam membagikan informasi mengenai lokasi terdekatnya tanpa harus menjelaskan secara panjang lebar.

Terlebih cara membagikan lokasi via whatsapp messanger juga cukup mudah hanya dengan melakukan beberapa tahap saja sehingga sangat gampang untuk diingat.  Memang ada beberapa hal yang tetap harus diperhatikan agar dapat mengirimkan lokasi secara akurat.

Cara Share Lokasi Google Maps Ke WA

Bagaimana cara share lokasi google maps ke WA dengan langkah-langkah yang sangatlah mudah untuk diingat? Bagi Anda yang belum mengetahuinya maka simak seputar penjelasannya yang terdapat di bawah ini.

1. Buka Chat dengan Penerima/Rekan

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam cara share lokasi google maps ke WA memang sangatlah mudah yaitu dapat dilakukan dengan cara membuka aplikasi whatsapp kemudian buka chat dengan penerima atau rekan yang akan dikirimi lokasi Anda secara akurat dan tepat. Meskipun memiliki cara membagikan lokasi yang sangat mudah, tetapi sebaiknya jangan sembarangan membagikan lokasi Anda kepada orang lain.

Dengan demikian maka bagikanlah kepada rekan ataupun kerabat yang sudah terpercaya sehingga dapat mengetahui data dan informasi dengan tujuan yang benar dan aman.

cara share lokasi google maps ke wa

2. Tekan icon berbentuk “klip”

Berikutnya tahap yang harus diperhatikan dalam share lokasi gogle melalui whatsapp yaitu tekanlah icon yang berbentuk klip yang ada di bagian pojok kanan atas. Setelah itu, sebaiknya maka akan dilanjutkan dengan memilih berbagai lampiran disitu. Nah, dalam icon klip tersebut memang dapat membantu dalam membagikan lokasi tersebut secara tepat dan akurat.

Oleh karena itu, cara share lokasi google maps dengan wa memang dianggap sangatlah mudah sehingga bisa memudahkan sebagian besar orang untuk mengirimkan lokasi secara detail kepada orang lain tanpa harus mendownload aplikasi lainnya.

3. Pilih “Location”

Dengan adanya icon klip tersebut memang sudah memudahkan dalam membagikan berbagai dokumen lainnya. Untuk cara share lokasi google maps ke wa maka bisa langsung memiliki location. Oleh karena itu, ketika Anda sudah memilih location maka bisa langsung dibawa secara otomatis ke halaman pencarian lokasi yang ditampilkan dalam bentuk peta.

Hal tersebut pastinya akan membuat share lokasi dengan cara yang paling mudah, tetapi akurat. Perlu diketahui bahwa Anda bisa memilih lokasi keberadaan dengan tepat dengan mengubah titik yang terdapat di peta google maps.

4. Tentukan Titik Koordinat

Nah, berikutnya cara share lokasi google maps ke wa untuk menentukan lokasi paling akurat pada GPS dapat dilanjutkan dengan menentukkan titik koordinat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Anda harus memilih titik di bagian peta yang paling tepat sehingga akan semakin menunjukkan keakuratannya.

Sambil menunggu titik koordinat lokasi semakin baik maka hal tersebut akan ditunjukkan dengan semakin kecilnya angka di bagian  “Accurate to”. Apabila titik koordinat yang sudah dipilih memang sesuai dengan alamat lokasi Anda maka bisa langsung melanjutkan ke tahap berikutnya dalam melakukan share lokasi ke google maps via whatsapp.

5. Klik Send Your Current Location

Jika sudah di bagian titik koordinat maka selanjutnya Anda bisa langsung mengirimkan lokasi dengan klik “Send your current location”. Setelah itu, lokasi Anda bisa langsung terkirim dalam hitungan detik tergantung dari koneksi internetnya.

Hal yang harus diperhatikan yaitu Anda janganlan mengirimkan live location karena tidak dapat oleh penggunanya ketika Anda dalam keadaan off. Tentunya, hal tersebut memang menimbulkan kesulitan tersendiri. Dengan demikian maka sebaiknya perhatian antara pilihan “send your current locatin” atau “send live location”, keduanya berada di posisi atas bawah sehingga terkadang sebagian besar orang salah mengirimkannya.

6. Pilih Tempat Populer di Sekitar Lokasi

Apabila Anda kesulitan menentukan titik koordinat google maps lokasi saya maka selanjutnya bisa memilih tempat populer yang berada di sekitar lokasi. Perlu diketahui bahwa terkadang memang ada lokasi yang tidak ditemukan di peta Google maps. Namun, tak perlu khawatir karena Anda bisa memilih tempat populer yang sudah ada di daftar.

cara share lokasi google map ke wa

Ketika Anda hanya memilih tempat populer saja maka sebaiknya beritahu orang yang akan dikirimi lokasi bahwa lokasi lebih detailnya di sebelah mana dari daftar nama tempat populer yang sudah dipilihkan.

7. Kirim

Ketika sudah selesai menentukan titik koordinat ataupun tempat populer di sekitar lokasi maka Anda bisa langsung klik kirim. Setelah itu, tentunya rekan Anda sudah bisa mengakses lokasi yang akurat sesuai dengan titik koordinat yang Anda kirim.

Bolehkah Mengirimkan Lokasi Melalui WA dengan Share Live Location?

Sebenarnya “share live location” ataupun “send current location” memiliki persamaan yaitu keduanya memang sama-sama digunakan untuk mengirimkan lokasi kepada rekan. Perbedaannya terletak pada share live location terkadang diakses oleh penerimanya ketika pengirimnya sudah tidak on whatsapp ataupun on GPS.

Hal tersebut memang cukup merepotkan bukan? oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengirimkan lokasi melalui WA dengan menggunakan send current location agar dapat digunakan oleh penerimanya dalam keadaan pengirimnya on maupun off.

Apakah Akurat Mengirim Lokasi Via WhatsApp?

Seperti yang dijelaskan dalam paragraf sebelumnya bahwa cara share lokasi google map ke wa harus dilakukan dengan menentukan titik koordinat. Dengan demikian pastinya akan sangat akurat, kalaupun tidak akurat hanya berjarak beberapa meter saja. Oleh karena itu, tentukan titik akurat sesuai dengan lokasi yang memang akan dibagikan.

Ketika Anda salah membagikan titik koordinatnya maka akan membuat penerimanya menjadi kesulitan. Dengan begitu pastinya seorang pengirim harus benar-benar tepat dalam menentukan titik koordinatnya agar tidak terjadi kesalahan.

Cara Share Lokasi Google Maps  Via WA Apakah Aman?

Apabila Anda mengirimkan lokasi google maps yang sifatnya rahasia maka sebelum mengirimkannya via WA memang harus mengecek terlebih dahulu apakah whatsapp web Anda aktif, kemudian juga harus menonaktifkan aplikasi VPN. Jadi, share lokasi google maps via WA sangatlah aman tetapi jika whatsapp web maka bisa diketahui oleh orang lain, sama halnya dengan VPN yang aktif juga memudahkan orang lain untuk mengetahuinya.

Dari cara share lokasi google maps ke WA yang sangat mudah memang membantu generasi milenial membagikan lokasi kepada orang lain.

Related posts