Cara Setting Apn Smartfren 4g Gsm Terbaru

Ketahuilah bahwa Smartfren memang sudah tidak memiliki jaringan 3G karena lebih fokus dengan jaringan 4G. Dengan demikian maka hanya di beberapa daerah saja yang memiliki sinyal baik sehingga tidak dapat menjalankan koneksi internet dengan cepat.

Tak heran apabila ada sebuah pernyataan bahwa smartfren menjadi provider yang kecepatan internetnya lambat. Hal tersebut sebenarnya merupakan hal yang salah karena untuk mengatasinya Anda bisa melakukan cara setting apn smartfren 4g gsm terbaru dengan tepat.

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa dengan mengubah settingan APN ternyata dapat mempercepat dan menstabilkan koneksi internet smartfren. Bahkan, juga terdapat APN Smartfren yang unlimited sehingga paket internetnya dibatasi FUP tetapi kekuatan koneksi internetnya tetap sangat cepat sehingga smartfren tetap menjadi provider kepercayaan masyarakat.

Apa sih APN? Ketahuilah APN yaitu Acces Poin Name yang merupakan penghubung jalur internet di smartphone. Apabila Anda salah menyetting apn maka data seluler bisa tidak muncul sehingga todak dapat terkoneksi dengan internet.

Nah, apabila Anda mengalami permasalahan tersebut maka sebaiknya lakukan restart default saja agar sesuai dengan pengaturan awal dengan setting APN yang tepat.

Cara Setting Apn Smartfren 4g GSM Terbaru

Bagaimana sih caranya setting APN Smartfren 4G GSM terbaru agar koneksi internetnya menjadi lebih cepat di daerah manapun? Bagi Anda yang belum mengetahuinya mak ketahui cara mengubah settingnya dalam uraian  list yang terdapat di bawah ini.

1. APN Smartfren 4G Default

Pertama, Anda dapat mengubah APN Smartren 4G secara default atau asli dari pengaturan awal. Dengan pengaturan tersebut ternyata bisa membuat koneksinya menjadi berkecepatan tinggi. APN Smartfren 4G Default atau bawaan menjadi salah satu peraturan yang disarankan oleh pihak Smartfren sehingga pengaturannya tetaplah stabil.

cara setting apn smartfren 4g tercepat

Begini pengaturan APN default yaitu
nama : smartfren4G
APN : smartfren4G
kemudian proksi dan Port tidak di atur
lalu nama pengguna diubah menjadi smartfren. Buat kata sandi smartfren
Server   tidak di atur MMSC, tidak di atur Proksi MMS,  tidak di atur Port MMS,
kemudian juga tidak di atur MCC   510 MNC  09 lalu pilih tipe otentikasi   PAP dengan tipe APN  lanjutkan dengan memilih  default,supl,xcap dengan Protokol APN .

2. APN Smartfren OCN

Sedangkan untuk  APN Smartfren OCN maka proksi khusus yang digunakan untuk YouTube agar lancar tidak buffering. Bagi Anda yang suka dengan konten youtube maka bisa langsung mengubah pengaruran APN di menu setting. Tentunya setting kali ini berbeda dengan setting default APN sebelumnya.

cara setting apn smartfren 4g unlimited

Ubah nama APN menjadi  3g-d-2.ocn.ne.jp dengan Proksi   180.250.63.99, port   80 Nama pengguna   smartfren. Kemudian buat kata sandi yaitu smartfren Server lalu tidak di atur MMSC lanjutkan dengan tidak di atur Proksi MMS kemudian tidak di atur Port MMS . Setting OCN juga tidak di atur MCC 510 MNC  09 . Pilih Ttpe otentikasi  PAP dengan tipe APN default,supl,xcap. Untuk Protokol APN pilih IPv4 Protok jelajah APN  dengan  IPv4.

3. APN Smartfren Extice

Berikutnya, cara setting apn smartfren 4g lte khusus extice yang digunakan untuk browsing ataupun akses media sosial seperti Instagram, Facebook dan medsos lainnya agar lancar dengan kecapatan tinggi.

cara setting apn smartfren 4g unlimited

Cara setinggnya yaitu Anda bisa mengubah nama   4g APN   extice.co.id, Proksi   tidak di atur, Port   tidak di atur.  Kemudian nama pengguna  yaitu  smartfren menggunakan kata sandi smartfren Server, tidak di atur MMSC, tidak di atur Proksi MMS , tidak di atur Port MMS , tidak di atur MCC 510 MNC  09. Untuk tipe otentikasi   PAP dengan tipe APN   default,supl,xcap. Kemudian untuk Protokol APN menggunakan  IPv4, sedangkan protokol jelajah APN  dengan  IPv4.

4. APN Smartfren Globe

Selanjutnya, Anda juga dapat mengubah cara setting apn smartfren 4g di modem menggunakan setting Globe. Tujuannya yaitu agar Anda dapat mendownload file besar dengan lancar dan tidak corrupt. Tentunya setting APN yang satu ini memiliki port khusus tanpa menyertakan port.

cara setting apn smartfren 4g lte

Bagini cara setting APN smartfrem Globe yaitu pilih nama Smartfren4G APN   real.globe.com.ph, proksi   141.0.11.241, port   tidak di atur, nama pengguna   smartfren, kata sandi  smartfren Server,  tidak di atur MMSC,   tidak di atur Proksi MMS,  tidak di atur Port MMS, tidak di aturMCC 510 MNC  09. Tipe otentikasi yang digunakan yaitu  PAP Tipe APN   default,supl,xcap. Protokol APN yaitu IPv4 Protok jelajah APN dengan IPv4Bearer   tidak ditetapkan.

5. APN Smartfren Proksi khusus 

Berikutnya Anda juga dapat melakukan setting APN smartfren proksi khusus dengan disertai port 8080, APN Smartfren Proksi khusus ini digunakan untuk koneksi ngegame agar tidak tetrputus koneksi. Tentunya, bagi Anda pecinta gaming bisa melakukan settingnya dengan tepat. Ketahuilah bahwa setting proksi khusus ini pastinya sangat berbeda dengan setting APN yang lain.

cara setting apn smartfren 4g gsm

Begini cara setting proksi khusus yaitu
Nama : Smartfren 4G
APN : smartfren
Proksi :10.17.27.250, port : 8080
nama pengguna : smartfren, kata sandi : smartfren
Server,  tidak di atur MMSC,  tidak di atur Proksi MMS,  tidak di atur Port MMS,  tidak di atur.
MCC : 510 MNC : 09.
Tipe otentikasi PAP
dengan tipe APN default,supl,xcap kemudian menggunakan
Protokol APN   IPv4 lalu protokol
Jelajah APN  dengan  IPv4.

Baca Juga :

6. APN Smartfren dengan Username Khusus

Nah, Anda juga dapat melakukan cara setting apn smartfren 4g unlimited dengan username khusu yaitu menggunakan nama pengguna dan kata sandi yang khusus. Tujuan dari APN yang satu ini yaitu untuk memiliki kecepatan tinggi saat upload file dan berkas yag cukup besar.

cara setting apn smartfren 4g tercepat

Begini cara settingnya menggunakan
Nama APN yaitu Smartfren4G
APN : smartfren4g
kemudian nama penggunanya yaitu  m8@mobi-sehat.
Kata sandinya yaitu  m8 Server
tidak di atur MMSC,  tidak di atur Proksi MMS, dan juga tidak di atur Port MMS  serta tidak di atur MCC : 510 , MNC : 28.

Untuk tipe otentikasinya yaitu PAP
Tipe APN : default,supl,xcap
dengan protokol APN yaitu IPv4 protokol
Authentication type yaitu PAP atau CHAP kemudian jangan lupa disimpan dan pilih apn tersebut dengan menandainya

Cara Setting Manual APN Smartfren 4G Gsm

Buka pengaturan > Mobile Network (Jaringan Seluler) > Nama Jalur Akses (APN) > Pilih simbol + (plus) untuk menambahkan settingan apn sendiri.

cara setting apn smartfren 4g lte

Cara Mengaktifkan APN Smartfren 4G

Apabila Anda masih bingung dalam melakukan setting APN diatas maka Anda bisa melakukan settingnya dengan cara yang cukup mudah yaitu ke menu pengaturan kemudian pilih jaringan selular setelah itu pilih APN kemudian Anda bisa menambahkan APN.

Tentukan terlebih dahulu APN yang akan digunakan seperti yang sudah djelaskan pada paragraf sebelumnya.

Jadi, Anda memang harus mengisi semua cara setting apn smartfren 4g tercepat dengan menyesuaikan settingan yang ada pada paragraf di atas. Nah, Anda bisa langsung mengisi setting APN seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Setelah itu, Anda bisa langsung simpan APN dengan tekan titik-titik 3 kemudian simpan. Setelah itu, Aktifkan APN dengan select lingkaran.

Related posts