Cara Mereset HP Xiaomi dengan Cepat dan Mudah

Menawarkan smartphone berteknologi canggih dengan harga terjangkau, Xiaomi tidak ayal menjadi primadona baru bagi masyarakat. Produk smartphone asal Tiongkok ini menyasar entri level dan terbukti mampu bersaing dengan pemain besar seperti Samsung dan iPhone. Sayangnya, tidak jarang Xiaomi mengalami masalah sehingga Anda perlu tahu cara mereset HP Xiaomi agar kembali ke settingan pabrik.

Ada berbagai alasan mengapa ponsel Xiaomi Anda membutuhkan reset seperti lupa password atau terkunci. Bagi Anda yang membeli hape bekas, mengembalikan ke settingan pabrik juga diperlukan agar terasa seperti ponsel baru. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mereset smartphone Xiaomi Anda. Simak penjelasan berikut ini dan pilih cara yang menurut Anda terbaik dan termudah untuk dilakukan.

Cara Mereset Ulang HP Xiaomi dengan Mudah

1. Melakukan Hard Reset

Cara yang pertama untuk mengembalikan ponsel Xiaomi ke settingan pabrik adalah melalui hard reset. Dengan cara ini, kondisi smartphone akan kembali seperti baru dengan settingan standar. Anda yang mempunyai masalah dengan sistem ponsel, pengaturan smartphone atau hanya sekedar ingin merasakan sensasi hape baru dapat mencoba cara hard reset ini.

Hard reset ini bisa dilakukan untuk semua jenis Xiaomi, terutama Xiaomi Redmi 4, 4A, 4 Prime, dan lain sebagainya. Pastikan kondisi hape benar-benar tidak memungkinkan untuk mengakses homescreen sebelum memulai reset dengan cara ini. Jika yakin, ikuti langkah-langkah berikut untuk mereset HP Xiaomi Anda:

cara mereset hp xiaomi
  • Untuk masalah keamanan, terlebih dahulu lepaskan seluruh kartu SIM maupun microSD yang terpasang pada ponsel Anda.
  • Lakukan backup data-data penting ke komputer atau ponsel lain karena seluruh data yang disimpan dalam memori telepon akan hilang apabila Anda melakukan reset.
  • Setelah membackup data, periksa daya baterai ponsel. Pastikan baterai masih terisi lebih dari 50% agar proses reset dapat berjalan lancar tanpa terkendala low battery.
  • Langkah selanjutnya, matikan smartphone Xiaomi Anda kemudian tekan tombol Power dan Volume Up secara bersamaan. Tahan selama beberapa detik.
  • Anda akan melihat tampilan Factory Reset beserta pilihan bahasa English atau Indonesia.
  • Untuk memilih bahasa, Anda dapat bergerak naik dan turun menggunakan tombol volume. Tekan tombol Volume Up untuk naik dan Volume Down untuk turun. Ketika sudah menemukan bahasa yang diinginkan, pilih menggunakan tombol Power.
  • Disarankan untuk memilih English pada pilihan bahasa karena istilah yang lebih mudah dimengerti daripada bahasa Indonesia.
  • Setelah menentukan bahasa, Anda akan masuk ke dalam Main Menu dan melihat 4 menu berbeda. Pilih Wipe & Reset untuk mereset HP Xiaomi.
  • Anda akan melihat 4 piliha menu lainnya, kemudian pilih Wipe All Data untuk menghapus seluruh data pada telepon.
  • Proses penghapusan data akan berlangsung selama beberapa saat tergantung besar kecilnya data yang ada dalam ponsel Xiaomi Anda. Tunggu hingga selesai dan jangan tekan tombol apapun.
  • Setelah proses penghapusan selesai, pilih Reboot to System. Proses ini berlangsung selama beberapa menit, tunggu dengan sabar dan sebaiknya jangan tekan tombol apapun hingga proses selesai.
  • Ketika reboot telah selesai, smartphone Xiaomi Anda akan kembali menyala dan terlihat seperti baru. Tampilan layar standar dengan kecerahan settingan pabrik menjadi tanda bahwa proses reset telah berhasil.
  • Anda dapat melihat menu-menu di dalamnya dan terlihat bahwa ponsel Xiaomi benar-benar seperti baru tanpa adanya aplikasi tambahan selain aplikasi bawaan dari pabrik.

Cara mereset HP Xiaomi 4A dan Xiaomi tipe lain ini bermanfaat jika ponsel Anda mengalami bootloop atau terjadi kesalahan pada sistem. Anda yang lupa kunci password juga bisa menggunakan cara satu ini tanpa harus masuk ke homescreen. Dengan cara tersebut seluruh data pada ponsel akan terhapus sehingga error yang terjadi juga akan hilang.

Anda juga harus tahu bahwa melalui hard reset, layar sentuh tidak dapat digunakan untuk memilih menu. Sebagai alternatif, Anda harus menggunakan tombol volume untuk navigasi layar dan tombol power untuk memilih. Bagi Anda yang belum terbiasa, sebaiknya berhati-hati saat melakukan reset dengan cara ini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga :

2. Melalui Menu Setting

Apabila smartphone Xiaomi Anda masih bisa diakses dan Anda bisa memasuki homescreen, maka ada cara lain yang lebih halus untuk mereset ponsel. Cara mereset HP Xiaomi Redmi 5A ini juga berlaku untuk seluruh tipe Xiaomi lainnya, jadi Anda tidak perlu khawatir jika mempunyai Xiaomi tipe lain.

Sebelum melakukan reset, Anda juga perlu memastikan bahwa seluruh data penting sudah di backup dan microSD sudah dilepaskan dari slotnya. Pasalnya soft reset ini juga akan menghapus seluruh data pada ponsel dan mengembalikannya ke settingan pabrik seperti halnya hard reset.
Untuk melakukan reset melalui menu setting, ikuti langkah-langkah berikut ini:

cara mereset ulang hp xiaomi

 

  • Buka kunci layar, cari menu Setting atau Setelan pada ponsel Xiaomi Anda.
  • Pilih Setelan Tambahan, scroll ke bawah hingga Anda menemukan pilihan Buat Cadangan & Setel Ulang.
  • Setelah itu Anda harus memilih Kembali ke Setelan Pabrik.
  • Langkah selanjutnya, Anda akan melihat beberapa pilihan menu lainnya. Ketuk pilihan Setel Ulang Telepon.
  • Sebelum mengkonfirmasi, pastikan ponsel Anda telah benar-benar siap untuk direset dengan cara melepas kartu SIM dan melepas microSD. Selain itu, pastikan pula data-data penting telah dicadangkan di komputer maupun ponsel lain.
  • Setelah yakin, Anda dapat memilih Hapus untuk konfirmasi reset.
  • Proses reset berlangsung selama beberapa saat tergantung kondisi handphone dan banyaknya data yang harus dihapus. Hindari mengutak-atik ponsel selama proses reset berlangsung.
  • Ketika proses reset telah selesai, maka ponsel akan melakukan reboot secara otomatis. Sebaiknya Anda menunggu beberapa saat dan tidak menekan tombol apapun.

Smartphone Xiaomi Anda telah selesai direset dan kembali ke settingan pabrik. Anda dapat melihat tampilan yang berubah menjadi lebih cerah dan background layar yang berubah seperti baru. Inilah tandanya proses reset telah berhasil.

Anda dapat mengecek isi handphone melalui menu-menu yang terdapat di dalamnya. Hanya tersisa menu bawaan pabrik dan seluruh aplikasi yang telah Anda install telah hilang. Cara reset HP Xiaomi 5A tersebut juga Anda lakukan untuk hape Xiaomi tipe lainnya. Cara ini terbilang mudah dan sangat aman untuk dilakukan, karena langkah-langkahnya sesuai dengan prosedur. Reset Xiaomi dengan cara ini bisa Anda lakukan jika terjadi kesalahan pada sistem. Dengan catatan, ponsel masih dapat diakses dan Anda masih bisa memasuki menu terutama menu Setting.

Apabila ponsel terkunci total dan Anda tidak bisa mengakses homescreen, maka hampir dipastikan cara ini tidak bisa Anda lakukan. Pilihan satu-satunya adalah melakukan hard reset seperti yang telah disampaikan di atas. Tidak perlu takut, pada dasarnya hasil yang didapatkan adalah sama karena seluruh data sama-sama terhapus.

Kini Anda tidak perlu khawatir jika ponsel Xiaomi mengalami gangguan sistem. Hanya dengan melakukan reset, permasalahan bisa teratasi dengan mudah. Meskipun demikian, Anda perlu berhati-hati saat melakukannya. Pastikan data-data penting telah terbackup karena semua data akan terhapus ketika proses reset dijalankan. Selamat mencoba!

Related posts