Cara Menyimpan Video Tiktok ke Galeri HP Android

Tiktok menjadi salah satu aplikasi paling kontroversial belakangan ini. Setelah merebaknya beberapa video yang tidak lazim untuk dikonsumsi publik dan berujung pada pemblokiran tiktok untuk sementara waktu, kini aplikasi ini kembali menghibur kaum milenial. Jika Anda termasuk pengguna baru aplikasi Tiktok, mungkin Anda belum tahu cara menyimpan video Tiktok ke galeri.

Masalah yang satu ini memang kerap dipertanyakan, pasalnya tidak ada tulisan simpan yang terpampang secara nyata pada tampilan Tiktok. Meskipun demikian, ternyata Anda tetap dapat menyimpan video hasil kreativitas di Tiktok ke galeri dengan mudah. Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui beberapa cara menyimpan video Tiktok ke galeri smartphone Anda.

Cara Menyimpan Tiktok ke Galeri Tanpa Ribet

Pada dasarnya Anda dapat menyimpan video milik sendiri maupun video orang lain di aplikasi Tiktok. Untuk melakukannya, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Selain itu, Anda juga dapat menyimpan video draft di Tiktok ke galeri. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menyimpan video-video seru dari Tiktok ke galeri ponsel Anda:

1. Menyimpan video Tiktok pribadi
Setelah membuat video lucu dan kreatif di Tiktok, terkadang Anda ingin menyyimpan video yang ada pada profil Anda ke galeri smartphone. Untuk melakukannya ternyata sangat mudah. Simak langkah-langkah berikut ini:
cara menyimpan video tiktok ke galeri

  1. Buka aplikasi Tiktok pada smartphone Anda.
  2. Setelah membuka aplikasi, pilih ikon discover. Anda akan diarahkan menuju halaman pencarian berbagai macam video Tiktok Anda.
  3. Pilih salah satu video Tiktok yang Anda inginkan untuk didownload dan disimpan.
  4. Putar video yang Anda ingin simpan tersebut. Saat video masih berjalan, klik icon dengan lambang share yang dapat Anda temukan pada bagian kanan bawah. 
  5. Aplikasi akan menampilkan jendela Send To. Cara ini biasa Anda lakukan untuk membagikan video ke berbagai lini media sosial seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, dan lain sebagainya.
  6. Untuk menyimpan video ke galeri, Anda hanya perlu memilih opsi Save locally.
  7. Aplikasi akan secara otomatis mengunduh video tersebut. Tunggu beberapa saat hingga video Tiktok terdownload dengan sempurna.
  8. Setelah proses pengunduhan selesai, aplikasi akan mengirimkan pop up notifikasi berisi informasi lokasi folder tempat penyimpanan video tersebut. Pastikan Anda mengingat lokasi penyimpanan video agar tidak kebingungan saat mencarinya.
  9. Untuk mengecek, segera buka folder tempat menyimpan video tersebut dan jalankan video untuk memastikan bahwa video terunduh dengan sempurna.

Cara menyimpan video tiktok sendiri ke galeri tersebut bisa Anda lakukan dengan cepat dan mudah. Agar proses download berlangsung lancar tanpa gangguan, sebaiknya pastikan Anda mendapatkan jaringan internet yang stabil dan berkecepatan tinggi. Pasalnya gangguan internet mungkin membuat video tidak terunduh secara sempurna sehingga video yang terunduh juga berkualitas kurang baik.

Dengan mengunduh video Tiktok, Anda dapat memutar video secara berulang-ulang meskipun tidak terhubung dengan jaringan internet. Namun Anda harus memastikan bahwa memori smartphone Anda masih mencukupi untuk menyimpan video-video karya Tiktok Anda.

2. Menyimpan video Tiktok dari akun orang lain
Anda mungkin tertarik dengan video Tiktok milik orang lain. Kabar baik, Anda juga dapat mendownload video tersebut dan menyimpan ke galeri smartphone Anda. Bagaimana caranya? Cukup mudah layaknya mengunduh video milik Anda sendiri, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menyimpan video Tiktok dari akun orang lain:
cara menyimpan tiktok ke galeri

  1. Pertama, buka aplikasi Tiktok.
  2. Setelah muncul halaman timeline, Anda dapat memilih video yang Anda rasa menarik untuk disimpan ke galeri ponsel.
  3. Setelah menemukan video yang ingin diunduh, klik icon share dengan lambang anak panah berekor melengkung yang bisa Anda temukan pada bagian kanan bawah tampilan Tiktok.
  4. Aplikasi akan menampilkan jendela Send To. Pada opsi ini, Anda dapat membagikan video ke Instagram, Facebook, Messenger, dan berbagai media sosial lainnya.
  5. Pilih opsi Save Locally untuk mengunduh video tersebut.
  6. Aplikasi akan mengunduh video secara otomatis. Tunggu beberapa saat hingga proses pengunduhan selesai.
  7. Setelah berhasil, Tiktok akan memunculkan pop up notifikasi yang berisi informasi lokasi folder penyimpanan video tersebut.
  8. Untuk memastikan video terunduh dengan baik, segera buka lokasi folder yang dimaksud kemudian cari video yang baru diunduh. 
  9. Jalankan video dan pastikan video terunduh dengan sempurna.

Seperti halnya mengunduh video milik Anda sendiri, cara menyimpan video tiktok ke galeri telepon juga membutuhkan jaringan internet dengan kecepatan tinggi dan stabil. Dengan demikian, video akan terunduh dengan sempurna.

Hal yang perlu diperhatikan adalah menyimpan video Tiktok mungkin menyalahi hak cipta. Video orang lain merupakan hasil kreativitasnya sehingga Anda mungkin perlu meminta izin terlebih dahulu sebelum menyimpan video ke galeri telepon. Dengan demikian, Anda tidak mengambil karya orang lain tanpa izin pemiliknya.

Baca Juga :

3. Menyimpan draft ke galeri
Mungkin Anda mempunyai beberapa video menarik dalam draft Tiktok yang belum sempat diunggah. Jika ingin menyimpannya ke galeri, Anda bisa melakukannya dengan cara mudah. Ikuti cara menyimpan video tik tok dari draft ke galeri berikut ini:

  1. Buka aplikasi Tiktok pada smartphone Anda.
  2. Buka profil Tiktok Anda dengan cara mengetuk icon yang bisa ditemukan pada bagian pojok kanan bawah.
  3. Anda akan menemukan draft video yang pernah dibuat. Pilih salah satu video yang Anda ingin simpan ke galeri.
  4. Anda juga dapat mengunggahnya terlebih dahulu dengan cara menekan tombol Post. Tunggu beberapa saat hingga proses upload selesai.
  5. Setelah video berhasil terupload, buka profil Anda sekali lagi kemudian jalankan video yang ingin diunduh.
  6. Ketika video masih berjalan, pilih icon menu lain dengan lambang tiga titik pada bagian kanan bawah layar.
  7. Anda akan melihat jendela Send To. Pilih Save Locally untuk menyimpan ke galeri smartphone. Anda juga dapat membagikan video ke berbagai media sosial lain seperti WhatsApp, Instagram, Facebook dan lain sebagainya.
  8. Setelah memilih Save Locally, tunggu beberapa saat agar video Anda terdownload secara sempurna.
  9. Tetap perhatikan layar karena ketika proses pengunduhan selesai, aplikasi akan memunculkan notifikasi berisi lokasi folder tempat menyimpan video. Jangan sampai Anda melewatkannya karena akan menyulitkan pencarian.
  10. Selain mengunduh, Anda juga dapat menghapus video yang diinginkan dengan menekan opsi Delete pada menu yang sama.

Untuk menyimpan video dari draft ke galeri memang Anda harus mengunggahnya terlebih dahulu. Pasalnya, Tiktok tidak dibekali dengan fitur untuk menyimpan draft video secara langsung ke memori perangkat. Oleh karena itu, Anda harus mengupload terlebih dahulu kemudian baru menyimpan ke folder penyimpanan smartphone.

Anda yang gemar bermain Tiktok kini bisa menyimpan video hasil kreativitas ke smartphone. Terdapat beberapa pilihan cara yang bisa Anda lakukan untuk menyimpan video tersebut baik dari akun Tiktok sendiri maupun dari akun Tiktok milik orang lain. Tunggu apa lagi? Anda dapat mencobanya sekarang juga!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel