Cara Menghilangkan Status Online di WhatsApp

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan saat ini. Dengan aplikasi tersebut Anda bisa bergabung di ruang obrolan baik pribadi maupun group.
Namun terkadang Anda ingin bersembunyi dan tidak menampakkan status online yang biasanya muncul saat Anda membuka aplikasi ini. Bagaimana cara menyembunyikan status online di WhatsApp?

Status online memang terkadang membuat Anda tidak nyaman terutama jika Anda sedang ingin menghindari seseorang. Atau Anda sedang malas untuk membalas pesan dari seorang teman namun masih ingin mengobrol dengan teman lain.

Mematikan status online tersebut menjadi solusi praktis yang bisa Anda lakukan. Simak penjelasan berikut ini untuk menyembunyikan status online Anda.

Cara mudah hilangkan status online di whatsApp dengan memanfaatkan fitur dan settingan yang tersedia di hp android bahkan dari aplikasi wa pun menyediakan tetapi banyak yang memahami fungsi fitur/pengaturan yang pas. Untuk menyembunyikan status online pada WhatsApp, Anda hanya perlu melakukan beberapa pengaturan khusus.

Ada trik yang tidak membutuhkan aplikasi pihak ketiga maupun root untuk menghilangkan status online WhatsApp Anda, namun ada pula aplikasi yang bisa Anda coba. Jadi jika Anda terganggu dengan status tersebut, ikuti beberapa cara di bawah ini untuk menyembunyikan status online.

1. Mematikan Last Seen

Untuk menyembunyikan status online, cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mematikan last seen atau terakhir dilihat. Cara ini sangat efektif untuk melindungi privasi Anda karena teman kontak tidak akan mengetahui kapan terakhir kali Anda mengakses WhatsApp. Berikut ini langkah-langkah untuk mematikan fitur last seen dan online pada WhatsApp:

menyembunyikan status online di whatsapp

 

  • Buka aplikasi WhatsApp pada smartphone Anda.
  • Ketuk ikon tiga titik pada pojok kanan atas kemudian pilih Pengaturan.
  • Pilih akun, setelah itu pilih privasi. Anda akan menemukan beberapa opsi terkait dengan privasi.

menghilangkan status online di whatsapp

  • Selanjutnya pilih Last Seen. Agar last seen Anda tidak terlihat, pilih Nobody.
  • Kini tidak ada seorangpun yang bisa mengetahui kapan terakhir kali Anda membuka WhatsApp.

Perlu untuk diketahui bahwa cara ini tidak bisa benar-benar menyembunyikan Anda. Ketika Anda sedang online dan kebetulan teman membuka jendela obrolan dengan Anda, maka otomatis status Online tersebut masih akan muncul.

Selain itu, mematikan last seen berarti Anda juga tidak dapat melihat last seen kontak orang lain. Terkadang hal ini cukup merepotkan jika Anda sedang membutuhkan sesuatu yang penting.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa membuka WhatsApp dan menjawab pesan secara singkat sehingga tidak ada seorangpun yang menyadari bahwa Anda tengah online. Bahkan jika kebetulan ada teman yang melihat status online Anda, status tersebut hanya bertahan untuk sebentar saja.

2. Menyalakan notifikasi Pop Up

Notifikasi pop up merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh WhatsApp. Dengan fitur tersebut, pesan masuk akan muncul sebagai pop up pada homescreen. Anda tidak perlu membuka WhatsApp untuk membaca pesan yang masuk dan membalasnya. Cara ini bisa dilakukan agar Anda tidak terlihat sedang online dalam waktu lama.

hilangkan status online di whatsapp
  • Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan cara ini, simak langkah-langkah berikut:
  • Buka aplikasi WhatsApp pada smartphone Anda.
  • Ketuk icon tiga titik vertikal pada pojok kanan atas kemudian pilih menu Setting.
  • Pilih opsi Notifications. Scroll ke bawah dan cari opsi Popup Notifications.
  • Ketuk pilihan notifikasi sesuai keinginan. Anda bisa memilih salah satu antara pop up muncul saat layar hidup, layar mati, atau selalu muncul.
  • Setelah mengaktifkan pop up, setiap pesan yang masuk akan muncul pada layar ponsel tanpa harus membuka aplikasi WhatsApp.
  • Anda juga dapat membalas pesan melalui pop up tersebut.

Kekurangan dari cara ini adalah status online Anda tidak dapat disembunyikan secara total. Status tersebut mungkin masih muncul beberapa saat. Selain itu, pop up yang muncul mungkin juga mengganggu privasi Anda karena pesan dapat terbaca dengan mudah, apalagi jika ponsel Anda sedang berada di tangan orang lain.

3. Menyalakan Mode Pesawat

Cara menghilangkan status online pada aplikasi WhatsApp yang satu ini memang tergolong ribet. Pasalnya Anda harus menyalakan mode pesawat agar status online tidak muncul meskipun Anda tengah membuka pesan pada WhatsApp.

Cara yang satu ini bisa Anda lakukan jika ingin membalas pesan dari seseorang namun tidak ingin terlihat sedang online karena enggan membalas pesan teman yang lain. Berikut ini langkah-langkah untuk menghilangkan status online di WhatsApp iPhone maupun Android:

menyembunyikan status online di whatsapp
  • Ketika Anda menerima pesan masuk dan segera ingin membalasnya tanpa terlihat online, ambil smartphone Anda namun jangan terburu-buru untuk membuka aplikasi WhatsApp.
  • Alih-alih membuka WhatsApp, terlebih dahulu nyalakan mode pesawat pada ponsel Anda.
  • Setelah mode pesawat dipastikan menyala, buka aplikasi WhatsApp dan baca pesan seperti biasa.
  • Jika Anda ingin membalas, maka ketik pesan dan balas pada waktu tersebut.
  • Setelah membalas pesan, keluar dari WhatsApp kemudian matikan mode pesawat.
  • Pesan yang telah Anda tulis akan terkirim secara otomatis ketika ponsel kembali tersambung dengan jaringan internet tanpa memunculkan status online pada WhatsApp.

Pada beberapa kasus, cara tersebut masih mungkin memunculkan status online di aplikasi WhatsApp. Namun status tersebut hanya muncul sangat sebentar kemudian menghilang.

Setidaknya cara yang satu ini cukup aman karena tidak ada yang memantau kontak WhatsApp Anda setiap menit dan setiap detik. Oleh karena itu, cara ini layak untuk Anda coba.

4. Membuntu Arus Koneksi Internet Data Yang Masuk Ke WhatsApp

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menyembunyikan status online pada WhatsApp adalah dengan tidak menyuplai internet masuk ke wa intinya blok data internet khusus aplikasi whatsapp. Sehingga ketika saat tetap bermain hp seolah olah anda tidak online padahal memegang smartphone seharian wkwk atau main game youtube an stalking video lucu di instagram.

menghilangkan status online di whatsapp

 

  • Buka menu dan temukan WhatsApp
  • Tekan dan tahan hingga muncul pop up pilih info
  • Pilih Status Penggunaan Data
  • Setelah Itu Pilih Tutup/Close
hilangkan status online di whatsapp

Atau bisa juga melalui pengaturan > Manajemen Aplikasi > WhatsApp > Status Penggunaan Data > Tutup.

Tetapi kekurangan memakai metode ini ketika ada pesan masuk/ panggilan dan video call tidak dapat dihubungi sementara. Untuk melihat pesan atau story teman harus mengaktifkan lagi atau membuka arus internet ke aplikasi whatsapp.

Cara ini sangat praktis bagi Anda yang ingin menyembunyikan status online meskipun sedang membuka WhatsApp. Selain menghilangkan status online, Tak perlu memasang aplikasi tambahan.

Bagaimana menurut Anda? Bagi sebagian orang status online merupakan privasi yang tidak ingin diketahui oleh orang lain. Jika Anda termasuk salah satunya, silahkan coba beberapa cara di atas yang menurut Anda paling mudah untuk dilakukan. Selamat mencoba!

Related posts