Cara Mengatasi Aplikasi Instagram Tidak Bisa Dibuka

Aplikasi instagram merupakan media sosial yang paling populer dan banyak digunakan oleh semua kalangan. Dengan instagram, Anda dapat mengupload dan mengunduh foto dan video. Instagram juga dapat dijadikan sebagai sarana promosi karena dapat memuat banyak konten. Biasanya masalah dalam aplikasi ini adalah tidak bisa login. Cara mengatasi aplikasi instagram tidak bisa dibuka dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Kenapa Instagram Tidak Bisa Dibuka, Instagram yang tidak bisa dibuka dapat disebabkan karena berbagai faktor, salah satunya sebagai berikut.

1. Kuota Internet Habis

kenapa instagram tidak bisa dibuka

Pengguna baru menyadari kuota internet habis ketika kesulitan untuk membuka instagram atau media sosial lainya. Untuk dapat masuk ke instagram kembali, Anda harus membeli kuota internet atau dapat menggunakan wifi saat mengaksest instagram.

2. Akun Instagram Diblokir

instagram tidak bisa log in

Jika Akun instagram Anda diblokir pasti tidak bisa dibuka. Ada beberapa akun yang diblokir oleh pihak instagram karena melanggar kebijakan atau privacy. Pemblokiran tersebut bersifat sementara dan bisa juga permanen.

3. Akun Terkunci

aplikasi instagram error

Akun bisa terkunci jika tidak melakkan konfirmasi email setelah membuat akun instagram. Pada saat log out dari instagram dan ganti HP, akun akan dikunci oleh pihak instagram. Sehingga Anda harus melakukan konfirmasi email setelah daftar ke aplikasi.

4. Lupa Password

akun instagram tidak bisa dibuka

Lupa password menjadi penyebab yang paling sering terjadi. Banyak pengguna yang mengganti password mereka dan lupa jika sudah log out. Sehingga Anda dapat mengatasinya dengan melalui email yang sudah terdaftar.

5. Aplikasi Sudah Lama

Jika instagram tidak bisa dibuka bisa jadi karena aplikasi tersebut sudah lama dan perlu diupgrade kembali. Anda dapat mengdownload aplikasi instagram versi terbaru, sehingga lebih banyak fitur dan kontenya serta mudah untuk masuk atau login.

Instagram banyak digunakan di dunia, sehingga wajar jika sering terjadi masalah pada saat masuk ke aplikasi tersebut. Terlebih lagi jika keadaan smarthphone Anda sedang panas atau terlalu lama digunakan. Selain menggunakan smarthphone, Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini melalui laptop atau PC dengan cara yang sangat mudah.

Penyebab paling sering untuk masalah susah login pada instagram adalah sinyal atau koneksi. Untuk masuk ke aplikasi instagram, diperlukan koneksi dan sinyal yang baik dan lancar. Karena instagram menghubungkan banyak pengguna dan konten di seluruh dunia.

Instagram Tidak Bisa Login

Login merupakan proses masuk ke aplikasi instagram. Jika tidak bisa login, Anda tidak bisa masuk ke akun tersebut. Jika terjadi masalah pada saat login, dapat disebabkan karena berbagai faktor, salah satunya lupa password atau karena akun Anda diblokir.

Jika mengalami hal demikian, Anda dapat melakukan Cara mengatasi aplikasi instagram tidak bisa dibuka berikut.

1 Buka instagram dan pada kolom login, pilih “dapatkan bantuan untuk masuk” untuk mendapatkan bantuan berupa konfirmasi ganti password melalui email.

instagram tidak bisa log in
2 Masuk ke halaman bantuan, dan pilih 3 akses akun Anda yaitu menggunakan nama dan email, melalui sms, dan melalui facebook.

aplikasi instagram error
3 Jika sudah memilih, misal pilih “gunakan nama pengguna dan email”, Anda akan masuk ke halaman baru untuk memasukan nama dan email tersebut dan kirimkan ke email.

4 Anda akan mendapatkan email berupa konfirmasi akun.

5 Selanjutnya klik link yang ada di email tersebut. Anda dapat menggunakan isntagram kembali.

6 Anda dapat mengatur ulang password Anda. Pastikan password tersebut mudah diingat sehingga tidak terjadi hal yang demikian lagi.

7 Jika sudah diisi, klik opsi masuk atau login. Anda dapat menikmati berbagai konten di instagram kembali.

Jika Anda menggunakan instagram dengan versi lama, Adna harus mengupdate kembali aplikasi tersebut. Karena setiap hari akan ada tambahan konten sehingga perlu adanya update untuk semua aplikasi. Aplikasi instagram dengan versi terbaru mempunyai berbagai fitur yang lengkap dan lebih menarik.

Lihat Juga :

Aplikasi Instagram Eror

Seringkali ditemukan berbagai masalah mengenai aplikasi instagram, salah satunya instagram eror. Instagram merupakan aplikasi yang banyak digunakan oleh seluruh orang di dunia. Sehingga seringkali ada kendala saat masuk atau saat menggunakan aplikasi tersebut.

Jika Anda mengalami masalah dengan instagram yang tidak bisa dibuka, tidak perlu khawatir. Karena banyak cara yang dapat dilakukan untuk memulihkan kembali akun instargram Anda. Cara mengatasi instagram yang tidak bisa login yaitu:

1. Update aplikasi instagram versi baru

Penyebab instagram yang tidak bisa dibuka bisa jadi karena sudah lama dan perlu diupgrade. Anda harus mengdownload aplikasi instagram dengan versi terbaru sehingga terdapat berbagai fitur yang lengkap dan lebih baik dari sebelumnya.

2. Install ulang aplikasi

Jika Anda sudah menggunakan aplikasi versi terbaru namun masih tetap tidak bisa dibuka. Maka Anda dapat menginstall ulang aplikasi tersebut. Dengan install ulang tersebut dapat menghilangkan penyebab eror pada instagram.


3. Hapus cache aplikasi instagram

mengatasi instagram tidak bisa login

Biasanya penyebab instagram tidak bisa login karena banyaknya cache data. Anda harus menghapus semua cache tersebut sehingga terdapat ruang yang cukup untuk aplikasi tersebut. Cache ini merupakan data atau file yang tidak terpakai selama menggunakan aplikasi instagram yang dapat memakan memori penyimpanan.

4. Hentikan secara paksa

Anda dapat menghapus data dan menghentikan secara paksa aplikasi tersebut lalu masuk kembali. Instagram tersebut biasanya eror karena banyaknya data yang tersimpan sehingga memakan banyak memori, sehingga harus dihapus dan masuk kembali ke instagram tersebut. Biasanya instagram akan buffering dan harus dikeluarkan secara paksa.

5. Restart HP

Jika semua proses tetap membuat instagram Anda tidak bisa dibuka, maka cara lainya dengan merestart HP Anda. Dengan restart tersebut smarthphone akan bekerja kembali. Restart ini akan menghentikan semua sistem yang bekerja pada HP Anda termasuk semua aplikasi yang eror.

6. Cek koneksi internet

Koneksi internet harus selalu baik saat menggunakan aplikasi instagram. Jika sinyal atau koneksi tidak stabil dapat menyebabkan instagram menjadi buffering dan eror. Koneksi internet dapat didapatkan oleh wifi atau dengan kuota internet di android Anda.

7. Login melalui laptop/komputer

mengatasi instagram error

Jika Anda masih mengalami masalah eror pada instagram di HP Anda, maka coba membuka instagram dengan komputer atau laptop. Untuk membuka instagram ini, Anda cukup masuk ke website instagram dan mengisi nama serta password sesuai dengan akun Anda.

8. Unlink akun instagram dan akun facebook

Jika instagram Anda terhubung dengan facebook, Anda dapat mengatasi masalah eror tersebt dengan unlink akun. Apalagi jika perangkat tersebut sudah diblokir oleh pihak instagramnya.

Mengatasi Aplikasi Instagram Tidak Bisa Dibuka

Untuk unlink akun facebook dan instagram dilakukan dengan memutuskan hubungan akun tersebut di pengaturan melalui aplikasi facebook. Anda dapat mengganti akun facebook dengan nama yang berbeda. Dan coba masuk kembali ke instagram Anda dengan hubungkan kembali.

Anda banyak cara mengatasi aplikasi instagram tidak bisa dibuka. Yang pasti Anda harus mengetahui penyebab eror pada instagram tersebut. Karena penyebabnya juga sangat beragam. Terutama jika Anda menggunakan instagram untuk keperluan bisnis dan sebagainya.

Related posts