Cara Melacak HP yang Hilang dengan Email

Kehilangan HP bukanlah perkara yang menyenangkan. Selain membuat kita tidak bisa menghubungi orang lain, juga ada kemungkinan dimana rahasia yang ada dalam HP tersebut diketahui oleh orang yang menemukannya. Namun sebenarnya cara melacak HP yang hilang itu sangat mudah. Hanya saja sebelum Anda melakukannya, pastikan bahwa Anda tidak sedang dalam kondisi panik.

Tetap tenang dan cobalah untuk mengingat kembali, kira-kira diletakkan dimanakah HP tersebut. Dan sebaiknya, Anda juga mengabarkan berita kehilangan ini pada teman atau kerabat untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, terutama penipuan atas nama Anda. Untuk selanjutnya, Anda bisa memulai pelacakan secara mandiri dengan cara-cara yang disebutkan di bawah ini.

Cara Melacak HP yg Hilang Menggunakan Akun Email

1. Mencari HP yang Hilang Melalui Email Gmail

Apabila dalam HP Anda yang hilang itu terpasang akun Gmail, maka ini bisa Anda manfaatkan sebagai sarana untuk menemukannya. Cara melacak HP yang hilang dengan Gmail ini begitu ampuh diterapkan pada HP atau smartphone yang sistem operasinya adalah Android. Untuk melakukannya, maka Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan di bawah ini.

=> Silahkan Anda akses Gmail melalui browser apapun.
=> Setelah halaman Gmail tersebut terbuka, Anda bisa mulai memasukkan alamat email yang sama seperti yang ada dalam HP yang hilang berikut dengan passwordnya. Intinya adalah, Anda perlu log in ke dalam akun Gmail yang terpasang pada HP yang hilang.
=> Kalau Anda sudah berhasil masuk dalam akun email tersebut, Anda akan dihadapkan pada sejumlah opsi. Di sini, silahkan Anda pilih Web.
cara melacak hp yang hilang dengan gmail
=> Lanjutkan dengan mengklik tanda titik Sembilan, yang bentuknya menyerupai kotak. Tunggu beberapa saat sampai loading selesai, baru kemudian pilih Akun Google.
=> Begitu Anda masuk ke Google Account, silahkan Anda cari pilihan Temukan Ponsel Anda. Dan begitu ketemu, langsung pilih MULAI yang biasanya ada di bagian bawah.

=> Setelah Anda melakukan langkah di atas, lanjutkan dengan memilih HP Anda yang hilang.
=> Sampai di sini mungkin Anda akan diminta untuk memasukkan password email pada HP yang hilang. Silahkan Anda isi dengan benar di tempat yang telah disediakan. Adapun alasan kenapa Anda perlu memasukkan password ialah untuk meyakinkan pihak Google bahwa yang tengah melakukan proses pelacakan HP ini benar-benar pemilik akun yang asli. Bukannya orang lain.
=> Untuk selanjutnya, silahkan Anda pilih Berikutnya.
cara melacak hp yg hilang
=> Setelah itu, Anda akan melihat 2 opsi, yaitu Deringkan dan Temukan. Silahkan Anda klik Temukan.
=> Beberapa saat kemudian, layar Anda akan menampilkan peta yang menunjukkan posisi terkini HP Anda. Jika sampai di sini posisi masih belum jelas, coba Anda refresh.

=> Lokasi HP Anda akan ditunjukkan dengan icon berupa ponsel. Silahkan Anda catat lokasinya dan segera datangi langsung.

Dibandingkan dengan menggunakan laptop, Anda lebih disarankan untuk melakukan pelacakan ini menggunakan HP yang lain. Mengapa? Karena bisa saja HP Anda yang hilang tadi berganti-ganti posisi. Jika Anda menggunakan HP lain untuk melacaknya, maka Anda bisa lebih mudah merefresh peta atau map untuk mendapatkan kondisi terkini HP yang hilang itu. Selanjutnya, perhatikan juga poin berikut.

a. Di bagian bawah peta akan ada nama HP sekaligus dengan sisa daya baterai. Sebaiknya Anda terus memantau daya ini, dan jangan sampai HP malah kehabisan baterai ketika Anda mencarinya.
cara melacak hp yang hilang dalam keadaan mati

b. Begitu Anda sudah sampai di lokasi, coba deringkan HP tersebut. Masih ingat bukan, di poin (i) di atas ada opsi Deringkan? Jika Anda melakukannya, maka HP Anda akan berdering cukup kencang sekalipun dalam mode silent. Ini akan mempermudah Anda untuk menemukan HP yang hilang

2. Mencari HP yang Hilang Dalam Kondisi Mati dengan Menggunakan Google Maps

Cara melacak HP yang hilang dengan email di atas tentu efektif dengan syarat HP dalam kondisi masih hidup. Artinya terdapat daya baterai yang tersisa. Cara tersebut tentu tidak berlaku jika HP berada dalam kondisi yang sebaliknya. Namun, HP yang hilang dan dalam kondisi mati masih tetap bisa Anda lacak  dengan memanfaatkan email kok. Tentunya dengan cara yang berbeda dari cara di atas.

Untuk melakukan cara ini, Anda juga memerlukan perangkat yang lain, utamakan gunakan HP saja ya dibandingkan dengan laptop. Jika perangkat yang dimaksud sudah tersedia, mari simak cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati berikut ini.

=> Coba jalankan aplikasi Google Maps, dan setelah terbuka, silahkan Anda pilih tanda Strip Tiga yang biasanya ada di pojok kiri sebelah atas.
=> Jika sudah, Anda akan menemukan adanya icon dropdown atau tanda panah ke bawah.
cara melacak hp yang hilang dengan email

=> Dengan Anda mengklik tanda panah tersebut, maka Anda sudah bisa memasukkan akun Google yang Anda pasang pada HP yang hilang. Caranya, pilih Add Account lalu log in seperti biasa.

=> Setelah berhasil, cobalah Anda ganti akun Google tadi menggunakan akun Google yang terpasang pada HP. Tekan saja ikon zigzag Linimasa Anda, dan setelahnya, silahkan Anda pilih opsi Your Timeline atau Linimasa Anda kemudian OK. Pada opsi ini, Anda sudah bisa melihat bagaimana lokasi terakhir HP Anda yang hilang itu.
cara melacak hp yang hilang dengan gps

Setelah lokasi HP Anda terlihat, silahkan Anda datangi lokasi tersebut dengan segera. Tetapi, semisal HP Anda sudah hilang sejak kemarin, atau kemarin lusa, Anda bisa tap ikon kalender yang ada pada bagian atas, kemudian pilihlah tanggal yang Anda inginkan.

Baca Juga :

3. Menggunakan Aplikasi Google Find My Device
Pada awalnya, aplikasi Google Find My Device ini bernama Android Device Manager. Kehadiran aplikasi ini merupakan salah satu bentuk proteksi dari Google yang ingin membantu siapa saja mengamankan perangkatnya. Untuk melacak HP yang hilang menggunakan aplikasi ini, maka Anda dapat melakukannya dengan langkah-langkah yang dijelaskan di bawah ini.
cara melacak hp yg hilang

  1. Pastikan bahwa aplikasi yang dimaksud sudah terpasang di perangkat yang akan Anda pakai untuk melacak HP yang hilang.
  2. Setelah itu, silahkan Anda pilih opsi yang Sign In as Guest agar bisa masuk dengan menggunakan akun Gmail yang telah terpasang pada HP Anda yang hilang.
  3. Langsung saja masukan alamat email beserta passwordnya.
  4. Setelahnya, mungkin Anda akan menemukan bahwa aplikasi meminta izin untuk mengakses lokasi perangkat. Nah, agar Anda bisa melanjutkan prosesnya, jangan lupa ketuk Allow.
  5. Setelahnya aplikasi akan menentukan dimana lokasi HP Anda yang hilang itu. Bahkan tak hanya menunjukkan lokasi saja, di sini Anda juga bisa mengunci HP, memutar alarm serta menghapus informasi-informasi yang ada dalam HP yang hilang dari jarak jauh.
  6. Bila Anda memang ingin mencarinya, silahkan Anda klik ikon warna hijau yang menunjukkan posisi HP. Setelahnya, Anda dapat memilih opsi Google Maps yang biasanya terletak di pojok kanan bagian bawah. Nantinya, Google Maps akan memberi Anda petunjuk arah mengenai lokasi hilangnya HP.

Selain cara-cara di atas, ada baiknya juga jika Anda mempelajari cara melacak HP yang hilang dengan GPS sebagai alternatif. Lalu dari cara yang ada, cara yang manakah yang terbaik? Kalau yang satu ini kembali diserahkan kepada Anda. Sebaiknya pilih cara yang menurut Anda lebih mudah saja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel