Begini Cara Verifikasi Samsung Account

Berbicara tentang Samsung Account, ini adalah salah satu fitur yang memang sengaja disematkan oleh Samsung pada setiap ponsel buatannya. Fitur ini sangat bermanfaat sehingga perlu kiranya Anda melakukan registrasi Samsung Account atau akun Samsung saat baru pertama kali menggunakan ponselnya. Dalam proses registrasi ini pula, Anda perlu memperhatikan cara verifikasi Samsung Account.

Mengapa? Karena ini termasuk penentu apakah nanti Samsung Account atau akun Samsung Anda itu sudah siap digunakan atau tidak. Apabila akun yang dimaksud ini sudah siap digunakan, maka Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat termasuk salah satunya ialah melacak ponsel Samsung yang hilang. Cara verifikasinya juga sangat mudah, perhatikan saja ulasan di bawah ini.

Cara Daftar dan Cara Verifikasi Akun Samsung Account

1. Cara Daftar Samsung Account atau Akun Samsung
Sebelum menyinggung soal cara memverifikasi akun Samsung atau Samsung Account, tentu Anda harus tahu dulu bagaimana cara mendaftarkan diri di akun tersebut. Untuk proses mendaftarkan ini, Anda bisa melakukannya dengan 2 cara, yaitu melalui browser dengan mengunjungi situs Samsung Account dan menggunakan ponsel. Khusus untuk cara yang kedua, bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut.
cara verifikasi samsung account

a. Buka menu Setelan atau Pengaturan atau Setting. Setelah terbuka, Anda dapat memilih Cloud dan Akun.
b. Setelah itu, langsung ketuk opsi Akun, kemudian piih Tambah Akun, lalu pilih Samsung Account.
c. Sampai tahap ini, silahkan Anda ketuk opsi Buat Akun yang biasanya terdapat di pojok kiri sebelah bawah layar.
cara memverifikasi samsung account
d. Setelah Anda mengetuk opsi Buat Akun, Anda akan melihat adanya baris-baris yang harus diisi. Baris-baris ini perlu Anda isi dengan alamat email, password, nama berikut dengan tanggal lahir. Silahkan Anda lakukan pengisian tersebut dengan teliti.
cara verifikasi akun samsung account
e. Apabila semua baris kosong yang dimaksud sudah selesai diisi, langsung klik saja opsi Berikutnya. Sama seperti sebelumnya, opsi ini juga terletak di bagian bawah layar, tetapi di pojok kanan.
f. Sampai di sini mungkin Anda akan diberikan sejumlah syarat dan ketentuan. Silahkan Anda beri tanda centang semuanya, kemudian pilih lagi opsi Berikutnya.

2. Cara Verifikasi Akun Samsung atau Samsung Account
Bila Anda sudah selesai melakukan pendaftaran dengan cara di atas, kini saatnya Anda ikuti cara memverifikasi email Samsung Account. Ya, kode verifikasi ini oleh Samsung akan dikirimkan ke alamat email yang telah Anda masukkan saat mengisi form pendaftaran di atas. Adapun langkah-langkah lebih lengkapnya, silahkan Anda simak di bawah ini.
cara memverifikasi email samsung account

a. Buka email Anda, baik dengan menggunakan aplikasi Gmail ataupun melalui browser langsung. Namun, agar lebih mudah, sebaiknya Anda gunakan aplikasi saja.
b. Setelah email Anda terbuka, langsung cari surel atau surat elektronik yang dikirimkan oleh Samsung kepada Anda. Tap surat elektronik yang dimaksud dan setelahnya, langsung saja ketuk tombol Verifikasi Akun yang telah tersedia.
c. Setelahnya, Anda akan diantarkan menuju browser yang akan mengabarkan bahwa Akun Samsung atau Samsung Account Anda telah diverifikasi dan siap untuk digunakan.
d. Sekarang coba Anda kembali ke menu Setelan atau Pengaturan atau Setting.
e. Pilih lagi Cloud dan Akun, kemudian ihat Samsung Account atau Akun Samsung. Apabila Anda melakukan prosesnya dengan benar, maka Anda akan kembali mendapatkan notifikasi yang mengatakan bahwa akun siap untuk digunakan.

Setelah Anda melakukan kedua proses di atas dengan benar, Anda bisa langsung menikmati manfaat dari Samsung. Selain bisa dipakai untuk melacak ponsel yang hilang, akun ini juga bisa sekaligus menyajikan sejumah fitur bermanfaat seperti Samsung Cloud, Samsung Themes, Samsung Pass, Samsung Health, Samsung Internet, Samsung Member, Folder Aman, Samsung Connect dan lain-lain.

Baca Juga : Cara Mereset HP Samsung Secara Cepat Mudah Dan Aman

3. Cara Melewati Tahap Verifikasi Akun Google Samsung via OTG
Jika cara memverifikasi Samsung Account atau akun Samsung di atas adalah untuk memastikan agar akun yang dimaksud bisa digunakan sebagaimana mestinya, maka cara yang satu ini bisa Anda pakai saat ingin melewati tahap verifikasi dari akun Google Samsung. Anda tahu bahwa Google memang telah menyediakan suatu fitur yang disebut dengan Factory Reset Protection atau FRP.

Fitur ini juga terdapat dalam Samsung dengan OS Android Lollipop atau yang di atasnya. Fitur ini tentu berguna untuk meningkatkan keamanan ponsel Samsung Anda. Akan tetapi, ketika Anda melakukan factory reset pada ponsel karena beberapa alasan, Anda perlu melakukan verifikasi akun Google. Jika Anda ingat passwordnya, mungkin tidak masalah. Tetapi jika sebaliknya, ikuti langkah-langkah berikut.

cara verifikasi samsung account

  1. Sebelum mulai melakukannya, pastikan bahwa Anda menyediakan kabel OTG, Flashdisk serta jaringan atau data internet yang aktif.
  2. Jika semuanya sudah ada, silahkan download dulu aplikasi bernama Bypass Google Account yang khusus untuk Samsung. Aplikasi ini bisa Anda dapat disini Bypass FRP Lock dan setelahnya simpan saja dalam Flashdisk. Sebaiknya simpan di tempat yang mudah ditemukan.
  3. Mulailah menonaktifkan ponsel Samsung kemudian masuk saja ke menu recovery dengan memanfaatkan kombinasi 3 tombol, yaitu home, power dan volume up.
  4. Setelahnya, Anda akan melihat beberapa opsi. Di sini, lepaskan saja tombol powernya, tetapi untuk tombol home dan volume up tetap ditekan.
  5. eJika memang sudah berhasil masuk ke menu recovery, Anda dapat masuk lagi ke factory reset
  6. Seusai memformat perangkat, Anda pun akan melihat adanya setup wizard. Di sini, ikuti saja langkah-langkah yang ada hingga ponsel meminta Anda untuk memasukkan bagaimana rincian akun Google yang tidak Anda ingat sebelumnya.
  7. Jika sudah, segera sambungkan ponsel dengan flashdisk. Manfaatkan kabel OTG untuk melakukannya.
  8. Nantinya, perangkat Anda akan meluncurkan file explorer sekalipun masih dalam proses setup
  9. Setelah itu, Anda dapat mencari file aplikasi Bypass Google Account yang tadi telah Anda download.
  10. Bila aplikasi tersebut sudah ketemu, silahkan Anda install. Caranya ialah klik file aplikasi yang dimaksud. Apabila setelah itu muncul kotak dialog Install Blocked, Anda bisa pilih Setting. Untuk selanjutnya Anda pun akan dibawa masuk menuju halaman Security Settings
  11. Tiba di halaman yang dimaksud, Anda dapat memberi tanda pada ceklis pada Unknow Sources atau sumber tidak diketahui.
  12. Setelahnya langsung pilih OK kemudian install. Tunggu sampai prosesnya selesai
  13. Begitu proses selesai, coba langsung buka aplikasi itu dan Anda pun akan dibawa untuk masuk ke pengaturan perangkat
  14. Sampai di sini, Anda perlu melakukan factory reset kembali. Silahkan Anda pilih menu backup and reset, kemudian factory data reset dan reset device serta erase everything
  15. Dengan begitu, ponsel Samsung Anda akan melakukan restart secara otomatis guna menghapus data.
  16. Ketika proses restart tengah berlangsung, langsung lepaskan kabel OTG. Setelah itu, lakukan aktivasi dengan mengikuti petunjuk yang ada pada layar. Dengan begini, Anda tentu tidak perlu melakukan verifikasi akun Google Samsung lagi


Cara melakukan verifikasi Samsung Account atau akun Samsung tentu sangat mudah untuk Anda lakukan. Tetapi untuk cara melewati tahap verifikasi akun Google Samsung saat melakukan factory reset, Anda dapat meminta bantuan orang yang sudah ahli jika merasa tidak yakin melakukannya sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel