Solusi Mengatasi HP Android Lemot Agar Kembali Lancar dan Responsif

Ketika menggunakan ponsel kemudian mengalami permasalahan ngehang ataupun kinerja menjadi melambat maka sebaiknya cek yang menjadi penyebabnya. Faktor penggunaan ponsel yang terlalu lama ternyata memang dapat membuat kinerjanya menjadi lambat. Nah, ternyata juga ada penyebab dari luar yang membuat hp jadi lemot yaitu bisa karena jatuh, tekanan, guncangan keras, dan juga terkena tetesan air.

Terlebih lagi apabila perangkat yang mengalami permasalahan sistem operasi di dalamnya maka akan sangatlah rawan untuk terjadi penurunan kinerja yang membuat ponsel menjadi lemot pastinya. Nah, tak jauh berbeda dengan perangkat elektronik yang lainnya bahwa kinerja ponsel terjadi disebabkan karena penggunaan komponen yang sudah limit sehingga membuat kerusakan hardware.

Perbedaannya dapat dilihat dari sistemnya yang dapat berjalan dengan baik apabila perangkat lunaknya dalam kondisi stabil. Namun, sebaliknya apabila softwarenya tidak bekerja dengan baik maka dapat membuat kinerja ponsel menjadi tidak stabil. Bahkan, masuknya virus ke dalam ponsel juga bisa membuat kinerjanya menjadi tidak stabil.

Cara Mengatasi HP Lemot

Memiliki hp yang lemot pastinya memang akan sangat mengganggu berbagai kinerja, oleh karena itu ketahui cara membuat ponsel android menjadi kembali ngebut dan lancar tanpa lemot. Ini dia seputar penjelasan lebih detailnya untuk Anda.

1. Bersihkan Memori Internal
Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi hp lemot padahal aplikasi sedikit yaitu bersihkan memori internal. Mengapa demikian? hal tersebut tentunya disebabkan karena memori internal yang sudah mulai menipis maka dapat membuat kinerja ponsel menjadi menurun sehingga membuat kinerja ponsel menjadi lambat dan menurun.
biar hp gak lemot

Dengan demikian untuk mengantisipasi permasalahan tersebut dengan membersihkan data-data yang kurang penting. Kemudian Anda bisa memindahkan data data lain yang dianggap penting ke ruang penyimpanan yang lainnya. Terlebih lagi apabila terdapat penumpukan sampah dan cache yang akan membuat memori internal kepenuhan.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda untuk rajin-rajin membersihkan cache yang tersimpan untuk mengatasi permasalahan kinerja ponsel sehingga membuat ponsel android Anda menjadi tidak melambat dan lemot.

2. Kelola Aplikasi dengan Bijak
Perlu diketahui bahwa aplikasi yang sudah terinstall memang dapat mempengaruhi kinerja dari ponsel yang kita gunakan. Dengan demikian tentunya akan membuat kapasitas RAM menjadi berkurang. Mengapa demikian? hal tersebut tentunya dikarenakan aplikasi yang diinstal memang berjalan di belakang layar tanpa disadari oleh penggunanya. Copot atau uninstall aplikasi yang tidak diperlukan sehari-hari misal game yang udah bosan dan tamat.

hp lemot android
Sebenarnya, hp lemot apa penyebabnya? apabila ponsel android Anda memiliki kapasitas RAM yang besar maka tidak perlu kebingungan karena bisa mendownload berbagai aplikasi sesuai dengan yang diinginkan. Tetapi, jika Anda memiliki kapasitas RAM yang sedikit maka sebaiknya memang harus menghemat penggunaan RAM. Jadi, jangan terlalu banyak mendownload berbagai media sosial.

Penggunaan RAM yang terpenuhi ternyata memang akan sangat berpengaruh dalam membuat kinderja ponsel menjadi melambat dan lola. Dengan demikian tentunya ponsel android Anda dapat bekerja semestinya.

3. Perbarui Sistem dan Aplikasi
Hal berikutnya yang harus dilakukan yaitu perbarui sistem dan aplikasinya agar tidak menjadi menumpuk hingga ukurannya menjadi besar dan memenuhi kapasitas ruang penyimpanan telephonenya. Dengan begitu maka sebaiknya Anda lebih rutin untuk memperbarui sistem dan aplikasinya agar membuatnya tidak membuat kinerja menjadi menurun.
hp lemot padahal aplikasi sedikit
Tetapi ketika Anda sering memperbarui aplikasi memang sebaiknya sering menghapus data dan cache. Dengan demikian tentunya akan semakin tidak akan mengganggu kinerja dari ponsel android Anda. Tetapi, jika tidak diperbarui maka akan membuat kinerjanya menjadi tidak sesuai dengan fitur terbaru dari aplikasi tersebut.

4. Reset Pabrik/Instal Ulang
Apabila Anda sudah mengalami hp lemot android yang berkelamaan maka sebaiknya Anda lakukanlah reset pabrik ataupun install ulang. Mengapa demikian? hal tersebut tentunya dikarenakan ketika melakukan reset pabrik maka ponsel Anda akan langsung menghapus seluruh data dan aplikasi.
hp jadi lemot
Dengan begitu tentunya ponsel android Anda akan kembali seperti baru pertama beli. Tak heran apabila sekarang ini semakin membuat kinerja hp menjadi seperti sediakala. Tetapi, hal yang harus diperhatikan yaitu Anda memang harus mendownload ulang semua aplikasi kemudian akan kehilangan keseluruhan data.
hp jadi lemot

Oleh karena itu, sebelum Anda mereset pabrik maka sebaiknya Anda memang memindahkan beberapa data penting ke laptop ataupun tempat penyimpanan yang lainnya. Nah bagi kalian yang memiliki hp android merk samsung ini dia artikel step by step cara mereset hp samsung

5. Perhatikan Jumlah Memori

Kemudian untuk mengatasi biar hp gak lemot agar kembali cepat saat digunakan yaitu sebaiknya Anda memperhatikan jumlah memorinya terlebih dahulu. Dengan demikian Anda memang harus mengatur aplikasi yang bisa didownload dalam aplikasi tersebut agar penggunaannya memang tidak akan mengganggu kinerja aplikasi yang lainnya.
hp lemot apa penyebabnya
Sebelum Anda mendownload berbagai aplikasi maka sebaiknya memang menentukkan terlebih dahulu jumlah memori agar tidak memenuhi kapasitas telephone yang membuat ponsel menjadi melambat.

6. Bersihkan Cache Data
penyebab hp lemot dan cara mengatasinya
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa untuk penyebab hp lemot dan cara mengatasinya dapat dilakukan dengan cara membersihkan cache. Jika cache dibiarkan secara terus menerus pastinya akan membuat kinerja ponsel menjadi sangat lambat. Oleh karena itu, rajinlah membersihkan cache data pada setiap aplikasi yang Anda jalankan.

7. Kurangi atau Matikan Animasi di Android Kamu
Perlu diketahui bahwa android memang semakin memiliki fitur terbaiknya untuk membuat tampilannya menjadi menarik dengan adanya animasi di ponsel canggih jaman now. Dengan demikian maka sebaiknya Anda gunakan tampilan tanpa animasi terutama untuk wallpaper. Ternyata penggunaan animasi akan memenuhi kapasitas RAM yang akan melambatkan ponsel android.

Coba Anda perhatikan penggunaan animasi pada ponsel android karena dapat memenuhi tampilan animasi yang berlebihan. Terutama animasi yang digunakan dalam tema android ternyata juga sangat mempengaruhi kineja ponsel.

8. Hapus Virus dari Ponsel

Berikutnya, hal yang harus dilakukan dalam mengatasi HP lemot yaitu sebaiknya hapuslah virus dari ponsel. Tentunya, istilah virus memang sudah tidak asing lagi bukan? dengan begitu maka jangan sembarang mendownload aplikasi yang tidak diijinkan karena dapat meninggalkan virus yang bisa membuat ponsel Anda memiliki kinerja yang melambat.

Selain itu, ketahuilah bahwa sebenarnya sudah ada aplikasi anti virus yang bisa download dan digunakan untuk membuat hp tidak lemot. Dengan demikian maka sebaiknya Anda sebaiknya menggunakan aplikasi anti virus yang ringan sehingga tidak akan memenuhi kapasitas RAM. Dengan demikian maka akan membuat kinerja ponsel menjadi lebih cepat tentunya.

9. Gunakan 1 Aplikasi Antivirus 1 Saja

Sebenarnya, ponsel android memang membutuhkan 1 aplikasi antivirus saja sehingga tidak akan memenuhi satu bagian dari kapasitas ruang penyimpanan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa anti virus memang digunakan untuk menghapus file sampah yang menumpuk. Dengan adanya antivirus tersebut pastinya memang dapat membuat ponsel android Anda menjadi lancar dan cepat saat digunakan.

Sekarang ini memang semakin banyak aplikasi anti virus sehingga Anda sebaiknya memilih satu aplikasi yang ringan agar tidak memberatkan kinerja ponsel sehingga tidak akan membuat kinerjanya menjadi lambat.

Demikianlah seputar penjelasan mengenai cara mengatasi biar hp gak lemot agar kembali ngebut dan lancar tanpa harus memperbaikinya di service center.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel