Serba-Serbi Cara Cancel Gojek Bagi Pelanggan dan Driver

Cara cancel gojek bisa dilakukan oleh pelanggan maupun driver. Namun, cancel yang dilakukan oleh driver akan mempengaruhi tingkat penyelesaian sehingga bisa saja driver akan kehilangan bonus. Untuk itu, ada beberapa cara cancel yang bisa dilakukan supaya profesionalitas driver tidak terpengaruh olehnya.

Penting untuk diketahui bahwa meski driver sudah dalam perjalanan untuk menjemput, orderan masih bisa dibatalkan oleh pengguna atau driver itu sendiri. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini terjadi seperti saat sudah melakukan order, tiba-tiba ada keluarga yang menjemput. Atau bisa juga pelanggan tidak sabar menunggu driver tiba. Aplikasi yang tiba-tiba error juga menjadi salah satu alasannya.

Cara cancel Gojek bisa dilakukan dengan beberapa alasan yang masuk akal, seperti:
  • Driver meminta pada pelanggan untuk membatalkan pesanan
  • Pengemudi memiliki attitude yang buruk
  • Menunggu pengemudi terlalu lama
  • Mendapatkan transportasi lain atau dijemput orang lain
  • Lokasi driver terlampau jauh
  • Driver tidak bisa dihubungi.
Alasan logis lebih mudah untuk diterima oleh driver. Pembatalan ini bisa dilakukan untuk berbagai layanan Gojek seperti Go-Car, Go-Ride, dan juga Go-Food. Pastikan untuk melakukan pembatalan dengan alasan-alasan yang bijak agar tidak ada pihak lain yang dirugikan.

Cara Cancel Gojek Melalui Aplikasi Terbaru 2019

Panduan ini akan bekerja dengan baik apabila sebelum mengikuti langkah-langkahnya, terlebih dahulu Anda perbarui aplikasi Gojek pada smartphone. Apabila sudah, silakan simak step by step-nya berikut ini:

=>1. Cara Cancel Gojek Ketika Sedang Mencari Driver

Jika Anda telah memasukkan lokasi dan tujuan ketika pemesanan dilakukan, pembatalan bisa dilakukan. Kondisi ini dirasa tidak merugikan pihak mana pun. Sebab, driver belum ditemukan, otomatis driver belum menuju ke posisi Anda. Sehingga, lakukan cara cancel Gojek secepat mungkin.

Bagaimana langkah-langkah untuk membatalkan order? Ini dia ulasannya:

1. Ketika sistem aplikasi tengah mencari driver, maka akan muncul tombol pembatalan pesanan.
2. Setelah itu, tap tombol tersebut dengan cepat sebelum sistem menemukan driver.
 cara cancel order gojek
3. Dengan begitu otomatis, orderan akan dibatalkan sesuai dengan prosedur.

4. Setelah itu, akan ada halaman konfirmasi pembatalan pesanan. Muncul dialog “Apa benar Kamu mau membatalkan pesananmu?”. Anda dapat meng-klik opsi “Ya” untuk konfirmasi pembatalan order. otomatis, pesanan akan dibatalkan dan aplikasi akan kembali ke menu utama.
cara cancel gojek yang sudah di booking 04

=>2. Cara Cancel Gojek Setelah Menemukan Driver

Pastinya, Anda akan merasa cemas jika orderan Gojek harus dibatalkan sementara driver sedang dalam perjalanan menuju ke tempat Anda. Bingung dan muncul pertanyaan apakah bisa membatalkan pesanan di saat seperti ini? Ya, tentu saja bisa. Jika kondisinya seperti itu, maka Anda perlu mengikuti cara cancel Gojek setelah menemukan driver berikut ini:

1. Masuklah ke menu pemesanan, jika telah mendapat pengemudi paling dekat, maka hubungi driver terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan layanan telepon atau pun SMS yang ada pada aplikasi. Anda bisa menelepon segera tanpa menunggu driver datang. beri alasan yang jelas mengapa Anda ingin membatalkan pesanan. Pastikan Anda menjelaskannya dengan bahasa yang santun.
2. Setelah itu, silakan Anda gulir ke atas bagian informasi driver. Detail transaksi Anda pun akan muncul. Data mulai dari lokasi tujuan, penjemputan, hingga detail pembayaran tercantum di dalamnya.
cara cancel gojek yang sudah di booking 01

3. Selanjutnya, Anda tap “Batalkan Pemesanan”.

cara cancel gojek yang sudah di booking 02
4. Jika sudah, maka Anda akan menuju ke halaman yang berisikan konfirmasi pembatalan pesanan Gojek. Terdapat dialog “Apa benar Kamu mau membatalkan pesananmu?” Klik tombol “Ya” untuk melakukan konfirmasi pembatalan pesanan Gojek. Jika sudah, maka otomatis, pesanan akan dibatalkan. Aplikasi pun akan kembali ke halaman utama.
cara cancel gojek yang sudah di booking 03

5. Selesai.

=>3. Bijaklah dalam Menerapkan Cara Cancel Gojek

Adanya kebijakan pembatalan yang disediakan oleh pihak Gojek bertujuan untuk membuat driver maupun pelanggan selalu merasa nyaman. Namun, jika driver terlalu kerap membatalkan orderan dalam satu waktu, maka ia akan berpotensi menerima suspend sementara hingga 30 menit yang mana driver tidak bisa menerima order. Pembatalan bisa dilakukan melalui aplikasi Gojek, call center, maupun karena driver meminta pelanggan untuk membatalkan order.

cara cancel gojek

Nah, jika saat ini, Anda adalah seorang pelanggan, maka sebaiknya tidak terlalu sering menerapkan cara cancel Gojek. Sebab, pembatalan lebih banyak berpengaruh pada performa driver. Pendapatannya bisa menurun bahkan bisa terkena suspend dari tim Gojek.

Jika hal ini terjadi terus menerus, maka rating driver akan menurun serta pengemudi bisa saja diputus kontrak kerjanya oleh Gojek. Tentu saja hal ini adalah suatu tindakan yang tidak bijak sama sekali.
Tips bagi pengguna jasa agar tidak sering melakukan cancel adalah jangan buru-buru order jika masih ragu akan menggunakan jasa atau tidak. Misalkan ada seseorang yang mungkin akan menjemput, maka sebaiknya tunggulah terlebih dahulu. Jika dipastikan orang tersebut akan menjemput, jangan pesan Gojek terlebih dahulu.

Baca juga :

=>4. Pengumuman Penting untuk Driver tentang Cara Cancel Gojek

Di kalangan driver, ada beberapa rumor yang kerap beredar. Rumor ini terkait dengan performa yang turun jika cancel dilakukan melalui aplikasi oleh driver sendiri. Nah, ada beberapa cara untuk melakukan pembatalan pesanan oleh driver. Pertama, melalui aplikasi. Kedua, melalui call center. Dan yang terakhir melalui permintaan driver kepada pelanggan.

Banyak yang mengatakan bahwa pembatalan orderan Gojek melalui aplikasi akan mempengaruhi performa. Bahkan, bisa berujung pada suspend. Sehingga, banyak driver yang memutuskan untuk meminta pada pelanggan membatalkan orderan. Atau menghubungi call center agar bebas dari penurunan performa.

Nah, ternyata, menurut informasi yang dilansir dari website resmi Gojek, membatalkan orderan melalui call center atau aplikasi tetap sama. Keduanya tidak akan menjamin driver bebas dari suspend. Hal tersebut tetap akan mempengaruhi performa.

Jadi, daripada driver menghabiskan pulsa untuk menghubungi call center, lebih baik langsung cancel dari aplikasinya. Jadi, driver tidak perlu percaya pada rumor yang belum jelas kebenarannya. Driver bisa mencari informasi valid di halaman bantuan website resminya.

=>5. Cara Cancel Gojek: Tips Hindari Order Fiktif Gojek

Akhir-akhir ini, banyak kasus order fiktif pada layanan Gojek. Baik Go-Ride ataupun Go-Food. Terkadang, ada oknum-oknum yang sengaja membuat order fiktif untuk membuat kerugian pada pihak driver. Ya, driver akan rugi karena akan mendapatkan suspend dari tim Gojek.
Untuk itu, lakukan tips berikut ini agar driver terhindar dari order fiktif :
  • Telepon pelanggan: Setelah mendapatkan data lengkap dari pelanggan, sebaiknya segera ditelpon untuk menanyakan lokasi penjemputan. Jika telepon tidak nyambung, maka kemungkinan besar merupakan orderan fiktif.
  • Mencari alamat pelanggan: Periksa kembali alamat tujuan. Jika tidak Anda temukan, maka bisa jadi itu adalah orderan fiktif.
  • Menghubungi pihak call center: cara ini bertujuan agar Anda dapat solusi atas permasalahan supaya tidak terkena suspend.
Itulah pembahasan mengenai cara cancel Gojek dan Tips agar cancel orderan tidak berakhir dengan suspend bagi para driver. Meskipun opsi cancel disediakan oleh pihak Gojek, akan tetapi akan sangat baik jika pengguna mempertimbangkannya terlebih dahulu sebelum melakukan cancel. Sehingga, tidak ada pihak-pihak yang dirugikan. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel