Ini Dia 4 Cara Menonaktifkan Messenger Sesuai Jenis Gadget Anda

Sedang mencari cara menonaktifkan Messenger?  Sebelumnya, siapa sih yang tak kenal dengan jejaring sosial terbesar di dunia saat ini? Yaps, Facebook merupakan salah satu dari sekian banyaknya media sosial terbesar yang hingga saat ini masih diminati banyak orang di seluruh dunia.

Alasannya tentu karena memiliki banyak fitur menarik, serta memudahkan penggunanya untuk melakukan berbagai interaksi dengan pengguna lainnya, sebut saja dengan layanan group/forum, sehingga memudahkan penggunanya berkumpul dalam satu komunitas.

Sekilas Tentang Messenger

Sebelum membahas bagaimana cara menonaktifkan Messenger, maka terlebih dahulu apa keunggulan Messenger dibandingkan dengan fitur lainnya. Yaps, salah satu fitur yang belum lama dikembangkan oleh Facebook dan menjadi ketertarikan tersendiri pada penggunanya ialah adanya Messenger.

Apa yang membuat fitur ini layak untuk dipertimbangkan pengguna jejaring sosial? Messenger sendiri merupakan  layanan perpesanan praktis dari akun Facebook ini memudahkan pengguna untuk melakukan chatting pribadi dengan pengguna lainnya.

Dengan demikian, kemudahan yang akan pengguna dapatkan ialah, bisa mengobrol pribadi dengan jangkauan yang lebih luas. Dalam hal ini tentu jangkauannya lebih luas dibandingkan dengan aplikasi lainnya, sebut saja WhatsApp.

Bayangkan saja, jika teman Anda di Facebook sebanyak 5000 orang, dan semuanya menggunakan Messenger, maka dengan mudahnya Anda bisa melakukan obrolan penting bersama semuanya dengan mudah. Belum lagi, fitur telepon gratisnya, maka memudahkan Anda melakukan panggilan online dengan semua teman yang diinginkan.

Cara Menonaktifkan Messenger

Meski Messenger memiliki segudang kelebihan dan fungsi, namun terkadang beberapa orang ingin menghentikan pemakaiannya, sebab ingin fokus terhadap kesibukan atau karena hal lainnya. Nah, bagi yang sedang mencari cara menonaktifkan Messenger maka berikut ini ulasannya untuk Anda!

1. Cara Menonaktifkan Messenger di Android

Salah satu pengguna Smartphone terbesar saat ini adalah, pengguna Android. Yaps, selain mudah dalam pengoperasiannya, upgradenya pun lebih cepat dan tinggi. Terlepas dari hal tersebut, Adapun cara menonaktifkan Messenger lite pada Android ialah:

  • Pertama, buka terlebih dahulu aplikasi Facebook Messenger yang Anda pasang di Smartphone Android.
    cara menonaktifkan messenger
  • Selanjutnya, tap di bagian Foto Profil, yang berada di pojok kiri atas layar.
    cara menonaktifkan messenger
  • Setelah itu geser scroll ke arah yang berada di bagian bawah.
  • Pada menu pengaturan ini, ada Status Profil Aktif dengan “Nonaktif” walaupun kita membuka messengger online tetapi teman tidak melihat kita dan status Off.
  • Ubah dari aktif menjadi Nonaktif.
    cara menonaktifkan messenger
  • Dengan pilihan lain, kamu bisa untuk menonaktifkan Messenger ialah dengan memilih menu Preferensi dalam bahasa Indonesia.
    cara menonaktifkan messenger
  • Setelah itu, maka Anda bisa memilih Notifikasi dan Suara diminta untuk menandai centang rentang waktu pada akun Facebook yang terdaftar.
    cara menonaktifkan messenger
  • Klik atau pilih aktif dan hilangkan,
  • Jadi, silahkan untuk memilih contreng jeda waktu misal selama 24 jam kemudian klik OK.
    cara menonaktifkan messenger
  • Baru setelah itu, akan muncul tampilan apakah Messenger akan benar-benar dinonaktifkan.

Sangat mudah bukan? Anda bisa mencobanya sekarang.

2. Cara Menonaktifkan Messenger di iPhone

Beda jenis operasi sistem maka beda pula cara perlakuannya. Nah, bagi Anda pengguna iPhone untuk menonaktifkan Facebook Messenger caranya pun sangat mudah hampir sama seperti pada Android.

Bahkan, Anda pun bisa keluar dari akun Messenger jika ingin menggantinya dengan akun lain.

Langsung saja, berikut cara mudahnya menonaktifkan Messenger pada iPhone:

  • Pertama, buka terlebih dahulu aplikasi Facebook Messenger pada Smartphone iPhone Anda.
  • Kemudian , ketuk di bagian Foto Profil yang berada di sudut kiri atas layar.
  • Berikutnya, pilih Status Aktif, maka selanjutnya akan tampil beberapa menu pilihan.
  • Maka kemudian pilih menu Tampilkan saat anda sedang Aktif atau dalam bahasa Indonesia Nonaktifkan Messenger.
  • Setelah klik menu tersebut, maka Anda bisa kelihatan tidak aktif status offline padahal masih main hp.
  • Atau juga bisa melalui Notifikasi dan Suara caranya scroll keatas artikel ini yah kan sudah dibahas seperti android juga sama.

3. Menonaktifkan Facebook Messenger Tanpa Ribet

Untuk cara menonaktifkan Facebook Messenger yang ketika lebih mudah, sebab Anda tak harus melakukan penonaktifan akun Facebook terlebih dahulu, sebab cara memang membutuhkan akses penuh pada akun Facebook yang terkait.

Adapun cara mudahnya yakni:

  • Pertama, buka terlebih dahulu aplikasi Facebook, bisa menggunakan Facebook biasa maupun Facebook Lite.
  • Selanjutnya, bila telah terbuka, maka menu yang berada di bagian kanan atas layar
  • Dalam menu akan tersedia banyak pilihan, maka cari opsi App Settings, melalui cara scroll ke bawah, hingga menemukannya.
  • Setelah ditemukan, kemudian klik App Settings, dan pilih menu matikan fitur Facebook Chat.
  • Cara ini tentunya sangat mudah, sebab Anda tak perlu memilih menu terlalu banyak, serta tak perlu membuka aplikasi Messenger.

4. Cara Mudah Menonaktifkan Facebook Messenger yang Disarankan Pihak Facebook

Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang bukan hanya mudah digunakan saja, melainkan juga memiliki layanan yang sangat nyaman.

Salah satunya, pihak Facebook secara langsung memberikan bantuan bagaimana cara menonaktifkan Messenger.
Adapun cara yang disarankan oleh Facebook untuk menonaktifkan Messenger, yakni:

  1. Pertama, buka terlebih dahulu aplikasi Messenger
  2. Kemudian ketuk pada foto profil Anda, yang berada di sudut kanan atas
  3. Kemudian pilih Ketentuan & Kebijakan
  4. Lalu, langsung pilih Nonaktifkan Messenger
  5. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk masukkan kata sandi, jadi masukan secara benar
  6. Kemudian ketuk Lanjutkan, dan jika benar-benar yakin langsung klik Ketuk Nonaktifkan.

Untuk menonaktifkan Facebook Messenger tentu sangat mudah bukan? Dengan berbagai kesibukan yang sedang Anda jalankan saat ini, tentu menonaktifkan Messenger merupakan pilihan yang tepat.

Alasannya tentu, karena kemudahan Messenger membuat kita tak bisa berhenti menggunakannya, terlebih pengguna Facebook saat ini sangat banyak sekali.

Bahkan, fitur terbaru yang tak bisa dilewatkan dari fitur tersebut ialah adanya fitur status seperti pada aplikasi WhatsApp. Sehingga membuat pengguna bisa membagi cerita sehari-hari dengan pengguna lainnya. Dengan berbagai kemudahan dalam Messenger, lalu bagaimana jika Anda ingin menikmatinya kembali setelah menonaktifkan?

Nah, ini yang menjadi PR besar, sebab bisanya seseorang hanya bisa menonaktifkan tanpa tahu bagaimana untuk kembali mengaktifkannya lagi. Caranya pun sangat mudah, yakni dengan:

  1. Buka aplikasi Messenger terlebih dahulu, atau jika telah uninstall bisa menginstal ulang
  2. Selanjutnya,  login menggunakan nama pengguna serta kata sandi Anda.
  3. Bagaimana jika lupa kata sandi? Maka cukup klik forgot password atau lupa kata sandi, kemudian ikuti langkah yang diajukan
  4. Maka Anda bisa menikmati kembali kemudahan  layanan Messenger.

Bagaimana, sudah tak bingung lagi bukan tentang bagaimana cara menonaktifkan Facebook Messenger sekarang? Memiliki atau mengaktifkan Messenger memang dirasa cukup membantu, namun bukan berarti keadaan tersebut tidak akan berubah.

Bisa saja saat ini malah akan terasa mengganggu. Jadi, selamat mencoba, semoga membantu Anda.

Baca juga :

Related posts