Agar Tak Ada yang Dirugikan, Simak Cara Cancel Grab dengan Bijaksana Bagi Driver Atau Penumpang Di Sini!

Sebuah aplikasi ojek online yang semakin menjamur di berbagai wilayah Nusantara adalah Grab. Bahkan, di beberapa kota kecil, ojek online ini sudah bisa ditemukan. Nah, menjadi driver ojek online dianggap sebagai profesi yang cukup menjanjikan. Sebab, penghasilannya bisa untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Namun, ada beberapa kendala dalam persaingan antar driver. Yakni rating yang dianggap sebagai pelayanan prima bagi konsumen. Para driver akan berlomba menaikkan rating supaya tetap bertahan di persaingan.

Ada juga masalah lain yang harus dihadapi semisal komplain dari konsumen, kesalahan lokasi, aplikasi error, kendaraan yang mogok, dan sebagainya. Masalah-masalah ini memaksa pada driver untuk melakukan pembatalan order Grab. Apabila terjadi cancel Grab Order, maka konsekuensi yang akan ditanggung adalah sanksi, atau bahkan akun driver terkena suspend.

Maka dari itu, sebagai driver, cara pembatalan pesanan Grab jarang dilakukan. Sebab, dengan begitu, akan mengurangi rating yang telah dikumpulkan. Namun, apabila sudah terpaksa untuk melakukan cancel, maka perlu dilakukan cara khusus.

Cara ini dapat dilakukan melalui aplikasi Grab Driver secara langsung. Namun, cara membatalkan pesanan Grab tentu harus dilakukan secara berhati-hati. Supaya akun driver Anda tetap aman, maka perhatikan dengan baik proses yang akan penulis sampaikan di bawah.

Tanyakan juga pada Call Center Grab atau datangi alamat kantor Grab terdekat untuk mendapat info detailnya. Meskipun cancel Grab bisa dilakukan kapan saja, tapi tetap harus berhati-hati agar tidak mengurangi rating Anda.

Nah, cara membatalkan pemesanan Grab bagi driver akan diulas secara jelas di bawah ini.

=>1 Cara Membatalkan Pesanan Grab bagi Driver

Cara berikut ini dijamin aman untuk tetap mempertahankan rating, Untuk itu, silahkan simak dan pahami secara mendetail setiap langkah-langkahnya:

1.    Bukalah Aplikasi Grab Driver, selanjutnya masuk pada halaman “Telah dikonfirmasi”
2.    Selanjutnya, Anda tap rute yang telah dikonfirmasi
3.    Lantas, tap/scroll ke atas nama penumpang Anda.
cara membatalkan pesanan grab

4.    Setelah itu, tap icon pesan kemudian kirimkan pesan pembatalan pada penumpang secepat mungkin. Minta maaflah pada penumpang menggunakan bahasa yang sopan. Atau bisa juga dengan tap ikon telepon supaya bisa menghubungi penumpang langsung. Hal ini akan membuat konsumen lebih dihargai.

5.    Jika telah berkomunikasi dengan penumpang, silakan tap “Batalkan Pemesanan”.
cara membatalkan pesanan grab

6.    Jika sudah, maka akan muncul dialog box, pilihlah alasan mengapa Anda membatalkan perjalanan. Jika pada dialog box terdapat alasannya, maka silahkan pilih. Namun, jika tidak ada, ketikkan pada textbox. Sebaiknya Anda berikan alasan secara jujur sesuai dengan kenyataan.
cara membatalkan pesanan grab

7.    Tap ‘konfirmasi’ maka proses cancel Order Grab akan dilakukan.
Tentu saja tidak ada asap kalau tidak ada api. Cara membatalkan pesanan Grab dilakukan karena beberapa alasan. Faktornya tentu saja sangat banyak. Nah, biasanya, pada dialog box, kasus yang paling banyak dijumpai adalah:
  • Penumpang tidak kunjung muncul
  • Tidak bisa menemukan lokasi di maps
  • Kendaraan yang ditumpangi mogok
  • Jadwal driver berubah.
Meskipun alasan ini kerap digunakan, namun Anda bisa memberi alasan lain yang sesuai dengan kondisi di lapangan. Sebab, ada banyak masalah lain yang kerap menjadi kendala seperti kesalahan ambil order, aplikasi error, maps error, dan sebagainya, Meski begitu, setiap pembatalan akan diperiksa detailnya oleh pihak Grab.

Akibat Cancel Grab

Bagi pihak Grab, melakukan pelayanan yang prima adalah yang paling utama. Sehingga, untuk memantau para driver, tim Grab akan melakukan evaluasi perjalanan yang dilakukan setiap hari. Jika cara membatalkan pesanan Grab terlalu sering Anda lakukan, maka akan ada sanksi yang akan diterima. Maka dari itu, pertimbangkan baik-baik sebelum membatalkan pesanan Grab.
Tips Supaya Terhindar dari Cancel Grab

Agar Anda terhindar dari cancel Grab, perhatikan tips-tips berikut ini:

  • Anda tidak perlu menerima semua calon penumpang yang melakukan order pada aplikasi.
  • Petimbangkan tanggal, jam, dan juga rute perjalanan. Pilihlah yang paling cocok dengan Anda
  • Apabila merasa ragu akan detail perjalanan calon penumpang, silakan untuk tidak menerima order
  • Penumpang yang muncul di aplikasi bukanlah bahan rebutan. Sebab, jumlahnya akan bertambah terus setiap hari
  • Calon penumpang telah diberi edukasi yang sama untuk meminimalisir cancel Grab tanpa alasan
  • Nah, setelah menyimak tentang cara membatalkan pesanan Grab di atas beserta konsekuensi dan alasannya, maka berhati-hatilah saat membatalkan pesanan. Jika harus terpaksa, maka lakukan cara yang telah dipaparkan. Dengan begitu, kredibilitas dan rating akan tetap terjaga.
Baca juga : Sederhana dan Mudah! Begini Cara Aplikasi Grab Biar Gacor Tanpa Masalah!
=>2 Cara Membatalkan Pesanan Grab bagi Penumpang

Jika Anda adalah salah satu pengguna transportasi online Grab, maka penting sekali untuk menyimak cara membatalkan pesanan Grab berikut ini. Hal ini dapat Anda lakukan apabila terdapat kendala yang mengharuskan Anda meng-cancel orderan Grab.

Hal ini bisa Anda lakukan dalam kondisi terlalu lama menunggu driver Grab, atau karena Anda ada perubahan perjalanan, atau sebagainya. Namun, yang mesti Anda perhatikan adalah jangan cancel order Grab tanpa alasan yang jelas. Anda perlu menghargai driver yang bahkan sudah mencapai tempat Anda.

Pastikan Anda melakukan konfirmasi pada driver terlebih dahulu. Katakan padanya apa alasan Anda membatalkan pesanan. Jika sudah begitu, baru Anda tap cancel pada aplikasi.
Sudah paham etikanya? Nah, jika begitu, silahkan simak cara membatalkan pesanan Grab untuk penumpang berikut ini.
  1. Setelah Anda memesan dan diterima oleh driver, maka muncul halaman konfirmasi yang berisikan nama driver, jenis motor, dan juga nomor polisinya.
  2. Pada nama penumpang, silakan geser ke atas.
  3. Pada bagian paling bawah, ada opsi BATALKAN PESANAN, klik sekali untuk membatalkan.
  4. Pilih alasan pada text box apa alasan bagi Anda membatalkan pesanan. Lantas tap “kirim”.
    Jika langkah-langkah tersebut sudah Anda lakukan, maka secara otomatis, Anda sudah berhasil melakukan pembatalan.
=>3 Cara Membatalkan Pesanan GrabFood bagi Pemesan

Jika Anda sudah memesan GrabFood tetapi, pihak driver salah pesan atau Anda tidak jadi makan. Maka, terdapat fitur pembatalan pesanan. Namun, seperti halnya membatalkan order Grab sebelumnya, Anda pun harus memperhatikan beberapa hal supaya driver tidak dirugikan.
Pastikan Anda melakukan cara membatalkan pesanan GrabFood secepat mungkin sebelum driver belum memesan makanan. Nah, supaya tidak mengecewakan driver atau konsumen, berikut cara pembatalan yang tepat:

1. Pastikan Driver Belum Memesan Makanan
Sebelum membatalkan GrabFood, pastikan driver belum melakukan pesanan makanan ke restoran. terlebih jika Anda memilih pembayaran tunai. Anda perlu bertanggung jawab atas pesanan yang telah dilakukan. Membatalkan secara sepihak saat makanan telah dipesan adalah hal yang tidak bijak sama sekali.

2. Pembatalan Pesanan
Jika alasan pembatalan adalah hal yang logis dan tidak memungkinkan ada pihak yang dirugikan, maka pilih tombol ‘Pembatalan Pesanan’. Grab pun akan memberi peringatan terakhir untuk pembatalan. Apabila benar-benar ingin cancel, maka tekan tombol ‘Batalkan Saja’.

3. Menjelaskan Alasan
Agar driver merasa dihargai, sertakan alasannya. Apabila alasan pembatalan tidak terdapat pada template, silahkan tulis pada kolom yang tersedia. Minta maaflah sebagai tanda kesopanan. Apabila lancar, maka proses pembatalan pesanan selesai sudah.
Nah, itulah penjelasan mengenai cara membatalkan pesanan Grab. Perhatikan setiap poinnya agar tidak ada pihak yang dirugikan, ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel