Cara Mengunci Aplikasi Android Agar Tidak Bisa Dibuka Orang Lain

Smartphone android kini memang tidak dapat dilepaskan dari banyak aktivitas dalam kehidupan. Selain digunakan untuk berkomunikasi, kini android juga dijadikan sebagai sarana hiburan dan sarana untuk berbisnis. Kini penggunaan android memang sangat bermanfaat, tetapi sebaiknya juga hindari memperhatikan sisi negatifnya.

Sebagian besar orang pastinya memiliki data pribadi yang menjadi privacy sehingga membutuhkan cara mengunci aplikasi android agar tidak dapat diakses oleh orang lain misalnya whatsapp sering disebut wa.

cara mengunci aplikasi di android

Nah, ternyata tidak semua hp memiliki fitur kunci aplikasi sehingga membutuhkan aplikasi pendukung lainnya. Tetapi dalam memilih aplikasi pengunci maka sebaiknya yang tidak telalu besar ukurannya agar tidak mengganggu kerja aplikasi lainnya yang lebih utama. Selain itu, pilih juga aplikasi yang tidak banyak memiliki iklan karena akan sangat menggangu aktivitas yang sedang dijalankan.

Apabila Anda sudah memiliki fitur kunci aplikasi bawaan dari android maka tidak perlu mendownload aplikasi pengunci lainnya agar tidak menutupi ruang kapasitas penyimpanan ponsel Anda. Biasanya fitur tersebut lebih mudah dijalankan dibandingkan aplikasi pengunci yang harus didownload pada Play Store.

Cara Mengunci Aplikasi Android Tanpa Softaware

Masih bingung bagaimana cara mengunci aplikasi di hp Android dengan mudah? Ketahui terlebih dahulu android Anda terdapat fitur lock application atau tidak. Inilah cara mengunci aplikasi android dari beberapa merk android.

1. Cara Mengunci Aplikasi di HP Xiaomi

Bagi Anda yang menggunakan hp xiaomi, Anda tak perlu menginstall aplikasi tambahan untuk mengunci aplikasi karena sudah terdapat fitur bawaan untuk menguncinya. Nah, ketahuilah cara mengunci aplikasi di hp xiaomi dapat dilakukan dengan mudah yaitu  Anda bisa membuka menu pengaturan/setting kemudian carilah menu setting aplikasi lalu pilih kunci aplikasi.

Cara Mengunci Aplikasi di HP Xiaomi

Setelah itu, Anda bisa langsung menentukan pola, kata sandi, atau sidik jari yang bisa dijadikan sebagai kode aplikasi. Setelah itu, Anda bisa pilih aplikasi apa saja yang ingin dikunci kemudian geserlah ke bagian kanan untuk mengaktifkannya.

Cara Mengunci Aplikasi di HP Xiaomi


2. Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung

Sebagai HP yang cukup populer di kalangan masyarakat, ternyata Samsung memiliki cara paling mudah untuk menjaga keamanan beberapa aplikasinya. Nah, cara mengunci aplikasi di hp samsung dapat dilakukan dengan membuka menu setting kemudian cari opsi Advanced features kemudian pilih opsi App lock.

Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung

Dalam menu tersebut maka Anda dapat melanjutkannya dengan mengaktifkan tombol slinder yang terdapat di bagian pojok kanan atas menu layar hp Anda maka secara otomatis Anda akan memilih pola, pin, sandi ataupun fingerprint untuk mengunci aplikasi yang Anda inginkan. Setelah itu Anda dapat mengaktifkannya dengan menekan tombol slider-nya.

Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung


3. Cara Mengunci Aplikasi di HP Oppo

Ingin mengetahui cara mengunci aplikasi wa di hp Oppo? Ternyata caranya sangatlah mudah tanpa harus menggunakan aplikasi ketiga yaitu dengan menggunakan cara mengunci aplikasi di oppo melalui menu setting kemudian melanjutkannya pilih menu layar kunci dan kata sandi.

Cara Mengunci Aplikasi di HP Oppo

Setelah itu, sebaiknya Anda memilih enkripsi apli kemudian silakan membuat pola ataupun kata sandi untuk mengunci aplikasi. Pilihlah aplikasi yang ingin dikunci kemudian lanjutkan dengan mengaktifkan menu enkripsi kemudian tekan selesai.

Cara Mengunci Aplikasi di HP Oppo

Setelah itu, Anda dapat mengecek aplikasi yang sudah diatur keamanannya dengan kunci pola ataupun kaca sandi. Apabila belum jadi maka bisa dilakukan ulang atau bisa juga menggunakan aplikasi ketiga.

Baca juga :

4. Cara Mengunci Aplikasi di HP Vivo

Ternyata cara mengunci aplikasi di hp vivo juga dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus mendownload aplikasi ketiga yang dapat memenuhi ruang kapasitas telepon. Nah, cara mengunci aplikasinya dapat dilakukan dengan membuka menu pengaturan kemudian scroll ke bawah hingga terdapat menu keamanan.

Cara Mengunci Aplikasi di HP Vivo

Setelah itu, Anda buka menu keamanan lalu pilih opsi privasi dan enkripsi aplikasi. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukan 6 digit kode keamanan maka Anda bisa memilih gambar pola ataupun kata sandi dengan jumlah 4 digit keamanan dengan mengklik pada opsi opsi untuk kata sandi.

Cara Mengunci Aplikasi di HP Vivo

Setelah selesai memilih jenis kata sandi untuk mengunci aplikasi maka Anda bisa menekan “Selesai” di pojok kanan atas layar. Setelah itu Anda bisa memilih aplikasi yang ingin dipilih untuk dikunci.

Cara Mengunci Aplikasi di HP Vivo

5. Cara Mengunci Aplikasi di Oppo A3S

Bagaimana cara mengunci aplikasi hp oppo a3s? Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu membuka menu pengaturan kemudian memilih keamanan. Setelah itu scroll kebawah pilih enkripsi aplikasi membuat kunci aplikasi sesuai dengan yang diinginkan dari pola pattern PIN, ataupun password.

 Cara Mengunci Aplikasi di Oppo A3S

 

cara mengunci aplikasi hp oppo a3s

Nah, apabila untuk fitur terbaru dari aplikasi Oppo A3S yaitu adanya fitur face unclock yang nantinya ketika dikunci kemudian aksesnya bisa dilanjutkan dengan membuka aplikasinya terlebih dahulu. Setelah sudah menyelesaikan beberapa langkah mengunci aplikasi android tersebut maka bisa mengecek aplikasi yang telah Anda kunci.

6. Cara Mengunci Aplikasi di Realme 2

Realme juga menjadi salah satu andorid paling yang sangat populer sekarang ini. Nah, bai Anda yang ingin mengunci aplikasi dari media sosial whatsapp, youtube ataupun aplikasi yang lainnya. Nah, ketahui cara mengunci aplikasi youtube paling mudah lewat realme 2 yaitu melalui menu Settings di Smartphone Realme.

Cara Mengunci Aplikasi di Realme 2

Berikutnya Anda bisa melanjutkan ke menu security kemudian geser layar ke bagian bawah kemudian masuk ke dalam aplikasi lock.

Cara Mengunci Aplikasi di Realme 2

Setelah itu maka Anda akan melanjutkan caranya dengan menginput pascode berupa PIN 6 digit angka lalu mengulangi kembali memasukan pin. Nah, setelah itu Anda bisa memilih salah satu aplikasi yang diinginkan kemudian mengaktifkan fitur ‘Enable Passcode Verification’

Anda juga dapat mengaktifkan fitur kunci aplikasi realme 2 pada menu hide home screen icon yang tidak dapat terlihat di bagian layar.

7. Cara Mengunci Aplikasi di Asus Zenfone Max PRO M1

Ingin tahu cara mengunci aplikasi di asus zenfone max pro m1? Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu buka halaman awal layar android Asus Zenfone Max PRO M1 kemudian tekan dan tahan bagian layar. Setelah itu, Anda bisa langsung memilih icon kunci aplikasi.

Cara Mengunci Aplikasi di Asus Zenfone Max PRO M1

Selanjutnya, Anda bisa langsung membuat ataupun menyetel pola pengunci aplikasi dari PIN, Pattern, ataupun face lock. Setelah menyetelnya maka Anda akan disuguhkan aplikasi yang terdapat di Android. Dengan begitu Anda bisa langsung memilih aplikasi yang ingin dipassword.

8. Cara Mengunci Aplikasi HP Iphone

Ternyata cara mengunci aplikasi di android dari berbagai merk HP berbeda-beda sehingga Anda harus menyesuaikan dengan android yang Anda miliki. Begitupun dengan HP Iphone juga memiliki cara tersendiri untuk mengunci aplikasinya yaitu dengan mengunjungi menu aplikasi setting lalu pilih touch ID dan password kemudian masukan password lalu aktifkan touch ID untuk semua aplikasi. Setelah itu, Anda bisa mengaktifkan kunci untuk semua aplikasi yang diinginkan pastinya.

Dari penjelasan di atas maka dapat diketahui bahwa cara mengunci aplikasi Android dari semua merk memang sangatah mudah tanpa harus menggunakan aplikasi  ketiga sehingga tidak harus mendownloadnya di Play Store.

Related posts